Sukses

Lewat Kaki, Anda Bisa Mengetahui Masalah pada Tubuh

Kaki dapat menjadi ‘jendela’ untuk melihat adanya penyakit tertentu pada tubuh Anda.

Umumnya kesehatan tubuh Anda bisa dinilai oleh dokter melalui serangkaian pemeriksaan, mulai dari wawancara terarah yang disebut anamnesis, pemeriksaan fisik, hingga pemeriksaan penunjang.

Namun siapa sangka, ternyata ada beberapa penyakit yang dapat dilihat dari kaki Anda. Berikut beberapa penyakit yang dimaksud:

1 dari 6 halaman

1. Masalah Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang berfungsi mengatur kandungan cairan di dalam tubuh Anda. Fungsi tersebut bekerja dengan mekanisme menahan atau memperbanyak produksi urine. 

Ketika ginjal tidak bekerja semestinya, semua cairan dari tubuh tidak bisa dikeluarkan melalui urine sehingga cairan menumpuk. Tanda penyakit ginjal yang dapat dilihat dari kaki, yakni kaki bengkak, serta terkadang terasa nyeri seperti tersetrum.

Artikel Lainnya: Kuku Mudah Patah, Benarkah Tanda Penyakit Berbahaya?

2. Penyakit Jantung

Jantung berfungsi sebagai organ yang memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terdapat penyakit jantung, seperti gagal jantung atau masalah pada klep jantung, maka cairan darah akan terakumulasi dan membanjiri titik terendah tubuh (kaki) akibat gaya gravitasi.

Selain timbulnya sesak, tanda penyakit dari kaki akibat masalah jantung yang paling sering, yaitu kaki menjadi bengkak, nyeri, dan jika ditekan bagian bengkaknya akan membekas. 

2 dari 6 halaman

3. Diabetes

Luka pada kaki yang susah sembuh walaupun kecil merupakan salah satu gejala diabetes. Pasalnya, pada penderita diabetes aliran darah tidak lancar, sehingga menghambat proses penyembuhan.

Kandungan gula yang tinggi pada darah yang keluar dari luka juga menjadi sumber infeksi. Selain itu, penderita diabetes sering mengalami kerusakan saraf tepi.

Tanda penyakit ini yang bisa dilihat dari kaki, yaitu:

  • Mati rasa
  • Kebas
  • Kesemutan
  • Rasa terbakar
  • Nyeri

Perlu Anda tahu, mati rasa pada telapak kaki sering menjadi pemicu terjadinya luka yang kemudian sulit sembuh. 

Artikel Lainnya: Jangan Keliru, Ini Penyakit yang Ditangani Dokter Penyakit Dalam

4. Masalah Hati

Kerusakan organ hati atau liver biasanya menunjukkan gejala ketika sudah parah. Sebab, umumnya kondisi ini dapat sembuh sendiri.

Tanda penyakit ini yang bisa dilihat dari kaki, di antaranya:

  • Kaki membengkak
  • Telapak atau kuku kaki yang cenderung kuning
  • Tanda merah pembuluh darah seperti laba-laba (spider nevi) pada tungkai
3 dari 6 halaman

5. Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam metabolisme tubuh. Kekurangan hormon tiroid atau hipotiroidisme dapat menurunkan metabolisme Anda. 

Tanda penyakit ini dilihat dari telapak kaki adalah kaki menjadi bengkak. Selain itu, kaki bisa mengalami kaku otot dan mudah kedinginan.

Sebaliknya, jika kelebihan hormon tiroid (hipertiroid), maka metabolisme Anda akan meningkat. Kondisi ini menyebabkan kaki terasa panas, berkeringat, dan gemetar.

6. Asam Urat

Asam urat termasuk penyakit yang sering terjadi pada masyarakat Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh seringnya masyarakat mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, seperti jeroan, daging, atau bir. 

Artikel Lainnya: Antisipasi Risiko Penyakit dari Golongan Darah Anda

Kandungan asam urat yang tinggi akan menumpuk dalam bentuk kristal asam urat pada sendi kecil, khususnya jari kaki. Kondisi ini menimbulkan peradangan sehingga tanda penyakit ini yang dapat terlihat dari kaki adalah jempol menjadi merah dan bengkak. Tanda lainnya, yaitu kaki teraba hangat dan terasa nyeri.

4 dari 6 halaman

7. Trombosis

Trombosis adalah gumpalan darah di dalam pembuluh darah yang dapat mengganggu aliran darah. Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhambat dan terakumulasi, lalu pada akhirnya menimbulkan kaki yang membengkak.

Umumnya tanda penyakit deep vein thrombosis (DVT) dari kaki adalah kaki bengkak sebelah. Selain itu, gejala lainnya berupa panas pada tungkai, perubahan warna kulit, nyeri, dan mudah lelah.

8. Masalah Pembuluh Darah Vena

Pembuluh darah vena merupakan pembuluh darah yang mengantarkan darah yang sudah digunakan kembali ke jantung. Umumnya pada usia tua atau orang yang banyak duduk, terjadi masalah pada katup vena yang menjadi lemah atau rusak. 

Tanda penyakit ini dilihat dari kaki, yaitu kaki menjadi bengkak, terasa nyeri, berat, hingga timbulnya vena ke permukaan kulit yang disebut sebagai varises.

Artikel Lainnya: Anda Sering Alami Kaki Bengkak? Hati-hati Pertanda Asam Urat

5 dari 6 halaman

9. Defisiensi Vitamin dan Mineral

Pada orang yang jarang makan sayur dan buah, kebutuhan vitamin dan mineral umumnya tidak tercukupi, bahkan sangat kekurangan. Defisiensi vitamin B, vitamin D, magnesium, atau kalsium kerap menimbulkan gejala pada kaki.

Tanda penyakit ini dari kaki, di antaranya:

  • Kurang vitamin B: kesemutan dan kebas pada kaki
  • Kurang vitamin D: otot menjadi nyeri
  • Kurang mineral magnesium dan kalsium: kaki menjadi kram

10. Anemia

Anemia paling sering disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan zat besi. Zat besi sebagai mineral pembentuk Hb berperan untuk mengikat oksigen dalam darah.

Tanda penyakit ini dapat berupa kulit kaki yang cenderung berwarna pucat. Selain itu, penyakit anemia defisiensi besi dapat dilihat dari kuku kaki yang berbentuk cembung menyerupai sendok.

Itulah beberapa penyakit yang dapat dilihat dari kaki Anda. Tidak hanya sebatas ‘alat’ untuk berjalan, ternyata cukup banyak tanda penyakit yang bisa ditunjukkan oleh kaki Anda. Bila Anda mengalami gejala pada kaki yang tidak biasa, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel-artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter.

[WA]

1 Komentar

  • Hendra Dj

    Hai selamat sore Saya mau tanya pada tangan kiri saya tiba-tiba timbul gatal seperti digigit semut setelah Satu Malam dia bengkak setelah bengkak dia timbul bintik-bintik pada bagian atas tangan seperti cacar air apa penyebabnya apa dokter Terima kasih atas Jawabannya butuh informasinya