Sukses

Air Kelapa Muda vs Air Kelapa Tua, Mana yang Lebih Sehat?

Air kelapa muda dan air kelapa tua sama-sama bermanfaat. Namun, apa beda keduanya? Mana yang lebih sehat, air kelapa muda atau tua? Berikut faktanya.

Apakah Anda adalah seorang penikmat air kelapa? Minuman yang satu ini memang menyegarkan dan paling pas dikonsumsi ketika hari sedang terik-teriknya.

Nah, terdapat dua varian air kelapa yang tersedia di pasaran, yaitu air kelapa muda dan air kelapa tua. Sudahkah Anda tahu perbedaan air kelapa muda dan air kelapa tua?

Air kelapa muda dan tua ternyata memiliki karakteristik dan kandungan yang berbeda. Sebelum memutuskan memilih air kelapa muda atau tua, Anda bisa dalami dulu perbandingan air kelapa muda vs air kelapa tua.

1 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda

Sebelum Anda memutuskan akan konsumsi air kelapa muda atau tua, kita ulas dulu karakteristik buah kelapanya. Kelapa muda punya kandungan air lebih banyak daripada kelapa yang tua. 

Dalam segelas air kelapa muda ada 3 gram serat, 46 kalori, serta kandungan elektrolit tinggi, utamanya kalium.

Artikel lainnya: Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Tak hanya itu, air kelapa muda juga mengandung zat besi dan vitamin C. Selain itu, 94 persen dari air kelapa merupakan air, dan kandungan lemaknya sangat sedikit.

Kandungan-kandungan ini yang membuat air kelapa amat baik untuk mengembalikan cairan tubuh usai beraktivitas. Air kelapa muda baik dalam melancarkan sistem pencernaan.

Dalam literatur juga disebutkan bahwa air kelapa muda mengandung antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.

2 dari 4 halaman

Apa Bedanya dengan Air Kelapa Tua?

Di sisi lain, kelapa tua punya kandungan daging lebih banyak dibandingkan air. Namun, daging kelapa tua ini tebal dan gurih.

Konsumsi air kelapa tua cenderung lebih tidak populer dibandingkan air kelapa muda. Air kelapa tua tetap mengandung gula, vitamin, mineral, asam amino, dan fito-hormon. Perbedaan air kelapa muda vs tua terletak pada kandungan gula pereduksi dan proteinnya.

Artikel lainnya: 7 Manfaat Air Kelapa untuk Kulit, Bikin Cantik!

Soal kandungan gizi, daging kelapa tua juga tidak kalah dibandingkan kelapa muda. Diketahui,  daging kelapa tua tinggi lemak, karbohidrat, dan serat. Selain itu, elektrolit di dalam kelapa yang tua juga cukup tinggi.

Kelapa tua cenderung lebih banyak dipakai sebagai bahan olahan makanan, misalnya santan.

3 dari 4 halaman

Lalu, Mana yang Lebih Sehat?

Pada dasarnya, air kelapa muda atau tua memiliki manfaatnya masing-masing. Mikronutrien dalam air kelapa muda mungkin lebih banyak ketimbang air kelapa tua, tetapi daging kelapa tua juga mengandung zat gizi yang tak kalah dari air kelapa muda.

Oleh karena itu, pemilihan air kelapa muda atau tua akan tergantung pada tujuan Anda. Bila Anda dalam keadaan haus dan perlu cairan tubuh, air kelapa muda bisa jadi pilihan.

Bila disimpulkan, manfaat air kelapa untuk kesehatan bisa didapat dari keduanya. Apa pun pilihannya, pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar perbedaan air kelapa muda dan tua, manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

[HNS/JKT]

4 Komentar