Sukses

Kiat Semangat Bekerja Meski Gaji Rekan Kerja Lebih Tinggi

Gaji rekan kerja Anda lebih tinggi? Lakukan hal ini agar Anda tetap semangat bekerja.

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin merasa kecewa saat mengetahui rekan sekantor mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Terlebih jika pekerjaan yang Anda dan dia lakukan sama, dengan tanggung jawab dan tuntutan yang sama pula.

Jika sudah begitu, mungkin Anda akan merasa gatal dan ingin mencari keadilan dari atasan. Atau Anda malah menurunkan semangat kerja dan bermalas-malasan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jangan sampai terjebak. Perasaan iri dan cemburu mungkin akan mendorong Anda untuk melakukan hal-hal tersebut. Namun percayalah, hal itu malah bisa menjadi kerikil yang akan menyandung karier Anda.

Apalagi kalau Anda sampai tak produktif dan mengalami penurunan pencapaian karena tidak semangat bekerja. Jangankan keadilan, bukan tidak mungkin Anda malah akan kehilangan pekerjaan. Lalu, apa yang harus dilakukan?

  • Jaga situasi tetap kondusif Meskipun merasa diperlakukan tidak adil, jangan penah berpikir untuk memusuhi rekan kerja Anda. Sebab hal itu hanya akan memperkeruh suasana dan membuat lingkungan kerja semakin tak nyaman. Bisa saja rekan Anda tidak tahu bahwa ada selisih angka pada gaji antara Anda dan dia.Cobalah untuk tetap bersahabat. Dengan begitu, Anda mungkin bisa mendapatkan beberapa informasi terkait selisih gaji tersebut. Dan hal itu dapat Anda jadikan bahan untuk menanyakan kepada bos. Selain itu, suasana yang bersahabat sangat diperlukan untuk menjaga produktivitas karyawan.
  • Pelajari dan cari tahu Mungkin saja ada beberapa faktor yang membuat rekan Anda menerima gaji yang lebih tinggi. Meskipun terlihat menduduki jabatan yang sama, mengerjakan pekerjaan yang sama, bisa saja ada yang berbeda.Mungkin dari segi latar belakang pendidikan atau pengalaman bekerja, rekan Anda memang lebih unggul. Dan dia menggunakan hal itu untuk menegosiasikan gaji sebelum bekerja di perusahaan tersebut.Sementara Anda mungkin hanya menerima gaji yang ditawarkan perusahaan. Hal itu pun mungkin menjadi sebab gaji Anda lebih rendah.Selain itu, cari tahu juga berapa bayaran yang sebenarnya pantas untuk jenis pekerjaan Anda. Jika ternyata jauh dari standar gaji di perusahaan lain, sebaiknya Anda segera menanyakan hal tersebut kepada atasan.
  • Beri batas waktuSetelah mengetahui segala fakta yang membuat gaji Anda lebih kecil, buatlah sebuah rencana. Bicarakan masalah itu dengan atasan Anda. Jika Anda memang layak mendapatkan gaji yang lebih baik, sampaikan segala hal yang menjadi kelebihan Anda kepada atasan.Kemudian tetapkan, sampai berapa lama Anda bisa memberi waktu untuk menerima gaji yang lebih rendah tersebut.
  • Buat pilihanJika sampai di akhir permintaan Anda tak dihiraukan, maka saatnya untuk membuat pilihan. Jangan takut untuk melangkah dan mencari perusahaan lain yang bisa “menghargai” Anda sebagaimana layaknya.Namun, Anda harus lebih bijak dan jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Pertimbangkan segala hal dan kemungkinan yang akan terjadi setelah Anda memilih sebuah langkah.

Kuncinya adalah tetap semangat dalam menjalani kewajiban sebagai pekerja, meskipun gaji rekan kerja Anda lebih besar. Namun, Anda tetap harus membicarakan hak Anda kepada perusahaan, tentunya dengan cara-cara yang sesuai dengan prosedur.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar