Sukses

6 Makanan yang Baik untuk Tulang Anda

Kondisi tulang yang kuat tidak datang dengan sendirinya, melainkan hadir berkat dukungan beberapa makanan sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Ada dua nutrisi utama yang berperan penting dalam membangun tulang yang kuat, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium mendukung struktur tulang dan gigi, sementara vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

Bila jarang mengonsumsi kalsium, Anda mungkin akan memiliki tulang yang rapuh, sehingga rentan mengalami osteoporosis atau penyakit sendi seperti osteoarthritis. Anda juga lebih berisiko mengalami patah tulang.

Hanya saja, tulang yang padat dan kuat tidak hadir dengan sendirinya. Tulang tumbuh dengan dukungan beberapa makanan sehat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan tulang Anda:

  1. YoghurtSalah satu produk olahan susu ini kaya akan kalsium serta vitamin D – yang tentu baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Hanya saja, pilihlah yoghurt yang bebas atau rendah lemak supaya aman dalam memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.
  2. TelurTelur mengandung vitamin D dalam jumlah besar. Namun, vitamin D hanya terdapat dalam kuning telur. Jika tak bisa mengonsumsi putih telur karena alasan tertentu, Anda harus mendapatkan vitamin D dari sumber lain.
  3. Ikan leleIkan lele mengandung vitamin D dan kalsium yang baik untuk tulang. Dalam setiap 100 gram daging ikan lele terkandung 15 mg kalsium yang sangat berperan untuk menguatkan tulang.
  4. Ikan salmonKalsium yang baik untuk kesehatan tulang juga bisa ditemukan di dalam ikan salmon. Selain itu, ikan salmon mengandung kalsitonin yang membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoarthritis.
  5. KejuKalau ingin memiliki tulang dan sendi yang sehat, Anda tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini. Keju rendah lemak akan lebih baik untuk dikonsumsi guna mengurangi risiko obesitas dan penyakit kolesterol tinggi. Jika Anda mengonsumsi 42 gram keju cheddar maka 30 persen kalsium harian Anda telah terpenuhi.
  6. SusuSusu sapi mengandung kalsium yang mudah diserap oleh tubuh, dibandingkan dengan susu yang berasal dari sumber lain. Namun bila tidak dapat mengonsumsi susu sapi karena kondisi tertentu – seperti alergi atau intoleransi laktosa – Anda dapat mengonsumsi susu kedelai yang telah diperkaya kalsium.

Meski letak tulang tersembunyi, Anda tidak boleh mengabaikan kesehatannya. Menjaga kepadatan dan kekuatan tulang sejak usia muda dapat membantu Anda terhindar dari osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoarthritis. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, mulai penuhi kebutuhan kalsium setiap hari.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar