Sukses

Turunkan Kolesterol dengan Serat

Bosan bolak-balik minum obat kolesterol? Saatnya untuk menambahkan porsi serat dalam menu makanan agar kolesterol Anda kembali normal.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung koroner terkenal sebagai penyebab pembunuh nomor satu manusia. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan penyakit tersebut. Salah satunya adalah kadar kolesterol darah yang tinggi.

Berdasarkan berbagai penelitian, serat didapati bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

Serat Larut

Serat adalah bahan makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita, sehingga hampir sebagian besar serat keluar dalam bentuk utuh melalui feses.

Serat terdiri dari dua jenis, yakni serat yang larut (dalam air) dan serat yang tidak larut. Beberapa penelitian menemukan bahwa serat larut bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda.

Serat larut bekerja dengan menghambat penyerapan Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat ke dalam tubuh.

Dengan menambahkan 5–10 gram serat ke dalam menu makanan setiap harinya, diperkirakan LDL Anda dapat turun hingga 5%. Lumayan, bukan?

Menu untuk Anda

Lalu, makanan apa saja yang harus Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat sehat tersebut?

Ada beberapa bahan makanan yang merupakan sumber serat larut. Misalnya: oatmeal, kacang-kacangan, apel, pir, jeruk, alpukat, dan ubi.

Sebagai bayangan, 1,5 cangkir oatmeal mengandung 6 gram serat, satu buah pisang mengandung 4 gram serat, setengah cangkir kacang-kacangan mengandung 2–3,5 gram serat, setengah buah alpukat mengandung 4,6 gram serat, satu buah jeruk mengandung 1,8 gram serat larut, dan satu buah pir mengandung 1,5 gram serat larut.

Masih Kurang

Meskipun memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik, rata-rata masih banyak orang yang belum memenuhi kebutuhan serat hariannya.

Menurut data statistik, rata-rata orang dewasa hanya mengonsumsi 15 gram serat sehari. Sementara, kebutuhan harian yang dianjurkan adalah 30 gram untuk perempuan dan 35 gram untuk laki-laki.Agar tubuh sehat dan bebas kolesterol, jangan lupa menambahkan serat ke dalam menu harian Anda, ya!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar