Sukses

Manfaat Sehat Konsumsi Serat

Serat tidak hanya dapat melancarkan pencernaan, tetapi konsumsi serat juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Klikdokter.com, Jakarta Sering mengalami sembelit? Konon, kurang dalam konsumsi serat, seperti sayur dan buah, adalah penyebab yang paling sering dituding.

Selama ini Anda telah mengetahui bahwa serat yang terdapat dalam sayur dan buah memang berkhasiat untuk membantu melancarkan buang air besar. Namun, selain melancarkan pencernaan, serat juga memiliki beberapa manfaat sehat lainnya.

Seluk-Beluk Serat

Serat adalah bahan makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, hampir sebagian besar serat akan dikeluarkan dalam bentuk utuh saat buang air besar.Serat terbagi atas dua jenis, yakni serat larut (dapat larut di dalam air) dan tak larut.

Bahan makanan yang merupakan sumber dari serat larut antara lain oatmeal, kacang-kacangan, apel, jeruk, lemon, dan wortel.

Sementara itu, serat tak larut bisa didapatkan dari roti gandum, beras merah, beras coklat, kacang-kacangan, sayur-sayuran hijau, dan kentang.

Mengatasi Sembelit

Serat tak larut tidak dapat dicerna dan tidak larut di dalam air. Ketika Anda mengonsumsinya, serat tak larut menimbulkan massa yang berat di usus besar. Tekanan massa pada usus besar akan memberi sinyal pada tubuh untuk buang air besar.

Dengan demikian, konsumsi sayur dan buah yang mengandung serat tak larut dapat melancarkan pencernaan, sekaligus menurunkan risiko Anda mengalami wasir dan kanker usus besar.

Menurunkan Kolesterol dan Gula darah

Serat larut bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Konsumsi serat juga bermanfaat dalam memperlambat penyerapan gula dari makanan ke dalam tubuh, sehingga bermanfaat bagi para penyandang diabetes.

Tubuh Ideal

Bagi Anda yang ingin diet, wajib hukumnya untuk menyantap serat. Serat dapat memperlambat pengosongan lambung dan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga membantu dalam menyukseskan diet Anda.

Kini, Anda juga tak perlu repot untuk mendapatkan bahan makanan kaya serat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun.

Fiber Creme yang merupakan krimer kaya serat, saat ini sudah beredar di pasaran. Bagi Anda yang tengah mengontrol berat badan dan kadar darah, Fiber Creme mengandung serat pangan oligosakarida yang rendah kalori.

Komponen utama serat pangan dan lemak nabati di dalamnya juga membantu menyehatkan pencernaan.Anda gemar memasak? Fiber Creme bisa Anda gunakan sebagai pengganti susu dan santan. Jangan khawatir soal rasa.

Fiber Creme menawarkan sensasi rasa creamy yang menonjol dibanding penggunaan susu dan santan. Asyiknya lagi, tak hanya bisa makan enak, tapi Anda juga akan mendapatkan manfaat sehat dari serat Fiber Creme.

Produk Fiber Creme sendiri tersedia dalam kemasan sachet, botol, dan karton. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di sebagian besar toko ritel dan modern.Melihat banyaknya manfaat sehat dari serat, tentu tidak ada alasan bagi Anda untuk menghindari makan sayur dan buah. Jadi, siap memasukkan serat dalam menu harian Anda?

[NP/ RH]

 

0 Komentar

Belum ada komentar