Sehat dan Bugar

12 Manfaat Jogging Setiap Hari bagi Kesehatan

dr. Karin Wiradarma, 11 Jul 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jogging adalah olahraga yang populer dan mendatangkan banyak khasiat bagi tubuh. Ketahui beragam manfaat jogging setiap hari di sini.

12 Manfaat Jogging Setiap Hari bagi Kesehatan

Jogging merupakan olahraga aerobik di antara jalan santai dan lari, dengan kecepatan di bawah 14 km per jam. 

Kegiatan ini memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari untuk menurunkan berat badan hingga meningkatkan kesehatan paru-paru.

Selain itu, jogging dapat dengan mudah dilakukan di sekeliling kompleks rumah atau kantor. Olahraga ini juga tidak memerlukan peralatan khusus yang mahal. Hanya dibutuhkan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman. 

Lalu, apa saja manfaat jogging setiap hari bagi kesehatan? Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Menurunkan Berat Badan

Jogging secara teratur merupakan cara yang mudah untuk mencegah terjadinya kelebihan berat badan. Dikatakan bahwa jogging selama setengah jam mampu membakar sekitar 300 kalori. 

Tidak cuma membuat lemak terbakar, jogging secara rutin juga akan menjaga berat badan kamu tetap ideal.  

2. Memperkuat Sistem Imunitas

Berikutnya, kebaikan dari jogging setiap hari adalah menguatkan respons tubuh terhadap penyakit. Kamu pun akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.  

Selain itu, aktivitas ini merangsang sirkulasi makrofag sehingga dapat menghalau infeksi, baik itu infeksi bakteri maupun infeksi virus. Karena itu, jogging secara konsisten akan membuat tubuhmu lebih bugar dan tidak mudah sakit. 

Artikel lainnya: Sebelum Lari Pagi, Sebaiknya Makan Apa?

3. Baik untuk Jantung

Olahraga jogging bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk mencegah penyakit jantung

Karena saat kamu jogging, jantung benar-benar terpompa. Hal ini membantu memperkuat jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Sebuah studi pada tahun 2014 menemukan bahwa pelari 45 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung daripada non-pelari.

4. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Tidak hanya bagus untuk jantung, olahraga jogging juga memiliki manfaat bagi organ paru-paru. 

Dengan melakukan jogging, paru-paru akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot kamu. Alhasil, hal tersebut membantu paru-paru kamu menjadi lebih kuat.

Dibandingkan dengan seseorang yang jarang berolahraga, mereka yang rajin olahraga biasanya memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengekstrak oksigen dari paru-paru dan darah.

5. Menurunkan Resistensi Insulin

Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh kamu tidak memberi respons terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol kadar glukosa.

Para peneliti menemukan bahwa jogging secara teratur dapat membantu menurunkan resistensi insulin.

Laporan yang sama mencatat, penurunan lemak tubuh mungkin menjadi pemicu dari turunnya resistensi insulin.

6. Bantu Lindungi dari Dampak Buruk Stres

Stres berlebihan atau jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya dapat mengubah fungsi otak. 

Sebuah studi menemukan, berolahraga secara rutin dapat mencegah kamu mengalami efek merugikan dari stres. 

Studi terbaru dari Brigham Young University pun memperlihatkan bahwa tikus yang mengalami stres dan secara teratur berlari di atas roda memiliki performa serta memori yang lebih baik.

Artikel lainnya: Cara Mengatur Napas yang Baik Saat Olahraga

7. Membantu Mengatasi Depresi

Olahraga telah lama diketahui dapat membantu mengatasi gejala depresi. Sebuah studi tahun 2018 meneliti kadar kortisol pada orang yang mencari pengobatan untuk depresi. 

Setelah dua belas minggu berolahraga, mereka mengalami penurunan kadar kortisol sepanjang hari. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap stres. 

Orang yang tengah mengalami depresi dianjurkan untuk melakukan olahraga yang disukai. Jogging dapat menjadi salah satu pilihan. 

8. Membuat Tulang Belakang Fleksibel Seiring Bertambah Usia

Di antara tulang belakang, terdapat bantalan pelindung yang dinamakan diskus. Bagian ini dapat menjadi susut ketika kita bertambah umur.

Kebiasaan duduk terlalu lama akan meningkatkan tekanan pada diskus seiring waktu. Sebaliknya, rutin bergerak atau beraktivitas fisik akan membuat diskus tersebut tetap fleksibel.  

Sebuah studi menemukan bahwa seorang pelari memiliki hidrasi diskus yang cenderung lebih baik. 

9. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jogging sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang kamu. Dengan melakukan kegiatan ini, tubuh mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan dengan memperkuat tulang dan mencegah cedera. 

Ketebalan tulang pun akan bertambah dan mencegah terjadinya masalah seperti osteoporosisosteoarthritis, dan lain-lain. 

10. Memperkuat Otot

Manfaat jogging lainnya ialah membantu tubuh menjadi lebih kencang. Sebab, kegiatan ini melibatkan otot-otot besar seperti otot paha belakang, betis, bokong, dan lain-lain.

Perlu diketahui juga bahwa setiap kali tubuh kamu bekerja lebih keras dari biasanya, misalnya saat olahraga, otot-otot tubuh akan mengalami stres fisik. Ini akan memengaruhi jaringan di otot dan membuat tubuh kamu lebih kuat.

Artikel lainnya: Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha

11. Anti-Penuaan

Olahraga jogging bermanfaat bagi kecantikan kulit, lho! Dengan jogging secara rutin, maka akan membuat kulit tampak lebih segar dan awet muda. Hal ini dikarenakan kulit mendapat lebih banyak oksigen dan pasokan darah.

Agar manfaat ini lebih terasa, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat kamu jogging di luar. Tabir surya akan melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari. 

12. Memperpanjang Umur

Gaya hidup sedenter dapat meningkatkan risiko kematian dini. Dengan jogging secara teratur, maka dapat membantu kamu lebih panjang umur.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jogging secara teratur meningkatkan harapan hidup pria sebesar 6,2 tahun, dan wanita sebesar 5,6 tahun.

Dengan mengetahui berbagai manfaat di atas, mulailah jogging setiap hari! Apabila kamu tidak sempat jogging setiap hari, tidak apa-apa. Yang penting kamu dapat memenuhi target berolahraga 150 menit setiap minggunya. 

Jika kamu jogging selama 30 menit per hari, kamu harus olahraga sebanyak lima hari. Namun, jika dalam satu hari kamu dapat jogging selama satu jam, kamu cukup berolahraga sebanyak tiga hari.

Memang, waktu untuk berolahraga yang paling ideal adalah pagi hari. Sayangnya, tidak semua orang dapat berolahraga pada pagi hari. 

Tidak masalah, kamu dapat berolahraga pada siang atau malam hari sesuai dengan waktu luang yang kamu miliki. Karena yang terpenting adalah kamu melakukannya secara rutin dan konsisten.  

Namun, apabila ingin berolahraga pada malam hari, jangan terlalu berdekatan dengan waktu tidurmu.

Saat jogging, disarankan untuk istirahat sejenak setiap lima belas menit bila kamu seorang pemula. Selain itu, kenali kemampuan tubuh dalam melakukan jogging agar manfaatnya lebih terasa dan menghindari cedera. 

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar olahraga, kamu bisa gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[RS]

lariOlahragaJogging

Konsultasi Dokter Terkait