Kulit

Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok

dr. Nadia Octavia, 16 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rambut rontok bisa terjadi akibat kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Yuk, ketahui berbagai kebiasaan penyebab rambut rontok berikut ini.

Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok

Rambut seseorang sejatinya akan menipis seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, kebiasaan penyebab rambut rontok bisa jadi memperparah kondisi tersebut.

Seseorang disebut alami kerontokan rambut jika kehilangan rambut lebih dari 100 helai setiap harinya. Kondisi tersebut dapat  terjadi di 1 area atau lebih di kulit kepala.

Bila kerontokan terus berlanjut, Anda bisa berakhir dengan kebotakan (alopesia). Berikut adalah beberapa kebiasaan penyebab rambut rontok.

1. Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan air panas memang menyenangkan dan merilekskan tubuh. Namun, air panas dapat membuat rambut kering rapuh, mudah patah, dan rontok.

Suhu yang panas membuang minyak pelindung rambut dan membuat pori-pori kulit kepala memproduksi minyak berlebihan. Hal ini tentu merusak akar rambut dan membuat rontok.

2. Menggunakan Alat Penata Rambut dan Produk Kecantikan

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak alat penata rambut dan produk kecantikan rambut yang praktis digunakan. Contohnya hair dryer, catokan lurus, catokan keriting, hair spray, wax, dan sebagainya. 

Sayangnya, terlalu sering menggunakan alat penata rambut dapat merusak protein yang membentuk rambut dan kutikula pelindungnya.

Ketika kutikula pelindung rambut rusak, kelembapan rambut pun terganggu dan rambut menjadi mudah rontok.

Artikel Lainnya: Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

3. Diet Berlebihan

Makanan juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Diet berlebihan membuat asupan yang masuk diarahkan ke organ yang penting, seperti otak dan jantung.

Alhasil, rambut terabaikan dan menjadi mudah rontok. Mengonsumsi makanan kaya protein, seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan, dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

4. Salah Saat Rambut Basah

Rambut menjadi lebih rentan saat basah. Hal ini karena oleh kutikula rambut yang sedikit terangkat.

Mengeringkan dan menyisir rambut dengan handuk secara agresif saat basah memicu kerontokan.

Itu sebabnya, hindari aktivitas yang membuat rambut rontok tersebut. Sebaiknya, sisir rambut sebelum keramas agar tidak terlalu kusut.

Artikel Lainnya: Rambut Kering dan Kasar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Tidak jarang wanita mengikat rambut dengan gaya ekor kuda (ponytail) atau kepang. Terkadang rambut diikat dengan sangat kencang hingga kulit kepala tertarik.

Gaya ikat rambut seperti itu sebenarnya dapat memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut.

Akibatnya folikel rambut melemah secara permanen dan membuat rambut tidak mungkin tumbuh kembali. Hal ini disebut juga traction alopecia (kebotakan karena tarikan).

6. Stres

Salah satu penyebab rambut rontok terus-menerus adalah stres. Jika Anda sedang mengalami masalah serius dan stres berat, carilah cara untuk lebih rileks.

Dengan mengelola stres sebaik mungkin, perlahan kerontokan rambut akan berkurang.

7. Mengecat Rambut

Salah satu kebiasaan penyebab rambut rontok adalah mengecat rambut. Bahan kimia yang ada di dalam cat rambut dapat merusak protein yang ada di batang rambut. Rambut pun jadi mudah patah hingga rontok.

Selain itu, cat rambut untuk membuat warna lebih terang, bisa merusak mahkota kepala Anda lebih berat. Alasannya, cat rambut terang tinggi kandungan peroksida.

Artikel Lainnya: Terangsang saat Melihat Rambut, Mungkin Anda Mengidap Trichopilia!

8. Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan penyebab rambut rontok yang harus Anda hentikan. Merokok dapat menyebabkan penipisan rambut dengan mengurangi aliran darah ke kulit kepala.

Berkurangnya aliran darah ke kulit kepala dapat menghambat pertumbuhan folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

9. Keramas Terlalu Sering

Setiap orang memiliki kebiasaan keramas yang berbeda-beda. Orang yang memiliki kulit kepala berminyak, cenderung keramas setiap hari.

Sementara itu, bagi mereka yang memiliki rambut panjang dan tebal, cenderung malas keramas setiap hari.

Apa pun kebiasaan Anda, keramas terlalu sering dapat membuat rambut Anda menjadi kering dan mudah rontok.

10. Mengabaikan Masalah di Kulit Kepala

Masalah di kulit kepala juga bisa menyebabkan rambut rontok. Misalnya, ketombe, infeksi jamur di kulit kepala, dan psoriasis.

Saat berketombe, kulit kepala terasa berminyak dan muncul serpihan putih kekuningan yang terjatuh di bahu atau tertinggal di rambut. Jika Anda mengalami masalah pada kulit kepala, segeralah diobati.

Penyebab rambut rontok terus-menerus dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari.

Jadi, tak boleh disepelekan, ya. Jika bertambah parah, berkonsultasilah lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Jangan ketinggalan informasi seputar kesehatan kulit dan kecantikan di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

Rambut Rontok

Konsultasi Dokter Terkait