Sukses

Gemar Nonton Film Horor Baik untuk Kesehatan?

Banyak yang menyakini bahwa gemar nonton film horor baik bagi kesehatan. Benarkah pendapat ini?

Klikdokter.com, Jakarta Belakangan ini publik disajikan dengan berbagai pilihan film horor untuk ditonton. Dimulai dari yang menampilkan badut jahat, hingga petak umpet bersama setan. Meski memberikan kesan mengerikan dan membuat paranoid, tidak sedikit penikmat film horor yang meyakini bahwa jenis film tersebut dapat mendatangkan manfaat kesehatan. Benarkah demikian?

Mengutip CNN, menurut seorang sosiolog bernama Margee Kerr, saat Anda menonton film horor yang berisi banyak adegan mengejutkan, adrenalin di dalam tubuh akan ikut terpacu. Hal ini kemudian merangsang otak untuk memproduksi banyak hormon dopamin.

Hormon dopamin berperan dalam menciptakan rasa bahagia. Perasaan ini mirip dengan sesuatu yang Anda rasakan ketika sedang jatuh cinta pada lawan jenis. Dan menonton film horor, kata Kerr, adalah satu cara alami untuk membuat Anda merasakan hal tersebut.

Kerr juga menemukan manfaat kesehatan lainnya dari gemar menonton film horor. Dalam studi yang dilakukan, dia menemukan bahwa setelah menonton film horor, seseorang akan cenderung menjadi lebih tenang dan mampu mengontrol suasana hati atau mood. Dia bahkan menyebut sensasi tenang yang terjadi sama seperti saat Anda melakukan yoga.

Tak hanya itu, menonton film horor juga disebut mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Sebab menyaksikan layar dipenuhi dengan adegan menyeramkan dan mengejutkan, ternyata dapat mempercepat proses pembakaran kalori di dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Westminster menyebut, dalam 90 menit film horor yang ditonton, tubuh akan membakar sebanyak 113 kalori. Jumlah ini tidak pasti, tergantung dengan seberapa menyeramkan dan mengejutkan film yang Anda tonton.

Para peneliti menyebut, pembakaran kalori tersebut terjadi karena detak jantung yang cenderung meningkat saat Anda menyaksikan adegan mengejutkan. Peningkatan detak jantung tersebut berkaitan dengan pelepasan adrenalin dalam tubuh, dan dapat mempercepat proses metabolisme. Hal ini pada akhirnya membuat tubuh membakar lebih banyak kalori selama Anda menonton film tersebut.

Namun perlu diketahui, jika Anda adalah seorang yang mudah merasa takut, sebaiknya hindari jenis film horor. Karena jika Anda memaksakannya, bukannya mendapat manfaat untuk kesehatan, malah mungkin Anda akan merasakan pengalaman traumatis, yang tidak menyenangkan bagi otak dan jantung.

0 Komentar

Belum ada komentar