Sukses

Memilih Makanan Sehat Saat di Food Court

Berikut kiat memilih makanan sehat di food court agar tak gegabah.

Klikdokter.com, Jakarta Food court sering kali menjadi alternatif tempat makan kala di mal. Selain tak semahal restoran, menu-menu di berbagai gerainya juga beragam. Namun, bagaimana cara memilih makanan sehat saat di food court?

Sebelum memilih dan membeli makanan, “peraturan” sederhana yang harus Anda perhatikan baik-baik adalah: pilihlah makanan yang dimasak dengan lemak atau minyak sedikit (hindari yang digoreng), serta memiliki kandungan gula rendah dan serat yang tinggi.

Memilih menu nasi

Gerai makanan Padang termasuk favorit Anda? Ketimbang menunjuk nasi dengan gulai otak atau jeroan dan rendang, Anda bisa memilih ayam yang lebih rendah lemak dan sayur singkong rebus yang tinggi serat.

Mengurangi lemak jenuh, seperti yang terdapat pada jeroan atau makanan yang digoreng, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Memilih menu mi

Sedang bosan makan nasi dan sedang ingin semangkuk mi? Mi goreng dengan tambahan kerupuk dan acar mungkin memang enak. Namun, Anda bisa memilih mi yang lebih sehat, seperti olahan mi yang direbus atau berkuah. Untuk tambahannya, Anda bisa memilih sayuran atau tauge ketimbang bakso sapi atau daging olahan.

Memilih menu soto

Ketika Anda sedang ngidam soto, pilihlah soto ayam dengan kuah bening daripada soto Betawi yang berkuah santan,

Menu soto sering kali ditambahkan dengan mi dan bihun, serta dihidangkan dengan perkedel goreng dan sepiring nasi. Perlu diingat bahwa semua itu adalah karbohidrat. Jadi, ketika Anda sudah makan soto dengan bihun, hindari tambahan karbohidrat lainnya.

Memilih menu Barat

Menu makanan Barat sering jadi alternatif ketika Anda sedang jenuh dengan makanan lokal atau makanan Asia lainnya. Ganti menu calamari, onion ring, atau hamburger favorit Anda dengan menu yang lebih sehat seperti ayam panggang dan salad.

Untuk menu karbohidrat, Anda bisa memilih kentang kukus ketimbang kentang goreng. Jangan lupa juga untuk menyingkirkan tambahan keju atau mayones yang tinggi lemak.

Tak sulit, kan, memilih menu makanan sehat di food court? Yang sulit sering kali adalah mengubah kebiasaan makan Anda. Jadi, sekarang pilihannya ada di tangan Anda: ingin sehat atau malah terjebak dalam zona nyaman?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar