Sukses

Cara Sederhana agar Anda Lebih Mencintai Olahraga

Sedang tak bergairah untuk olahraga? Anda mungkin perlu cara lain untuk lebih mencintainya. t

Klikdokter.com, Jakarta Di tengah aktivitas yang padat, banyak orang mengaku tidak sempat atau malas olahraga. Padahal olahraga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya dapat mendukung kesehatan, olahraga juga berperan dalam memperbaiki suasana hati, karena tubuh mengeluarkan hormon yang memicu perasaan bahagia saat berkeringat.

Bila memang benar-benar tak bergairah untuk olahraga, Anda barangkali memerlukan cara lain untuk lebih mencintainya. Berikut ini beberapa hal yang dapat membuat Anda lebih semangat olahraga:

  1. Tersenyumlah

    Berikan energi pada tubuh dengan cara tersenyum selama berolahraga. Sebab, dengan tersenyum, sejumlah saraf dalam tubuh akan terangsang untuk lebih bersemangat. Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa dengan tersenyum, Anda akan lebih mengembangkan pikiran positif. Hal ini akan sangat baik dan dapat memacu tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga sebanyak mungkin. Jadi, tersenyumlah meski terasa sulit.

  2. Menghargai proses

    Saat berolahraga, Anda harus menetapkan target dan tujuan, entah untuk menjaga kesehatan atau menurunkan berat badan.

    Memang, Anda mungkin tidak langsung mengalami perubahan yang signifikan. Namun jika melakukan olahraga dengan benar, pasti ada sejumlah perubahan ke arah positif. Dengan menghargai setiap proses, Anda akan semakin mencintai olahraga.

    Anda juga harus selalu berpikir seakan-akan memang telah mencapai kesuksesan itu. Sebab jika hanya terpaku pada satu hasil, Anda mungkin hanya akan merasa jenuh dan justru meninggalkan olahraga.

  3. Self-talk

    Self-talk adalah berbicara dan melakukan sedikit percakapan dengan diri sendiri. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan self-talk untuk memotivasi diri agar lebih bersemangat dalam berolahraga.

    Meski tengah mengangkat sebuah beban yang berat, katakan pada diri sendiri, “Tak apa, saya cukup mampu untuk melakukan ini.”

    Atau ketika berlari, Anda juga bisa melakukan self-talk bila garis finish terasa sangat jauh. Anda perlu meyakinkan diri sendiri bahwa Anda mampu bertahan, dan sejumlah manfaat kesehatan akan segera datang sesaat setelah melewati garis finish.

  4. Tarik napas

    Kebanyakan orang tidak melakukan pernapasan yang benar saat berolahraga. Hasilnya, Anda mungkin akan lebih mudah lelah dan berujung kapok. Anda pun tak mau lagi berolahraga.

    Padahal, dengan teknik pernapasan yang benar – seperti menarik napas panjang di saat yang dibutuhkan – olahraga bisa menjadi menyenangkan. Pernapasan yang benar selama berolahraga bahkan dapat membantu memberi kenyamanan pada beberapa organ, seperti tulang dan perut.

Jadi, bila memang benar-benar tak bergairah untuk olahraga, Anda mungkin membutuhkan cara lain untuk lebih mencintainya seperti yang telah dijabarkan di atas. Dengan demikian, Anda dapat berkeringat kembali dan mewujudkan tubuh yang sehat.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar