Sukses

Inilah, Cara Iko Uwais Perangi Kolesterol Tinggi

Iko Uwais rupanya memiliki riwayat kolesterol tinggi. Bagaimana cara aktor ini menjaga kesehatan tubuh?

Klikdokter.com, Jakarta Aktor laga dan atlet pencak silat, Iko Uwais, rupanya memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi. Dia menyebut kondisi tersebut sebagai ganjaran atas kebiasaan makannya yang sembarangan.

Suami dari penyanyi Audy Item itu menyebutkan, pada pemeriksaan kesehatan yang baru-baru ini dijalaninya, Iko memiliki kadar kolesterol mencapai 275mg/dl. Padahal merujuk rekomendasi dari National Heart, Lung, and Blood Institute, nilai normal kolesterol total pada orang dewasa adalah kurang dari 200mg/dl. Lalu apa yang dilakukan Iko untuk memerangi kolesterol tinggi?

“Saya mengubah pola makan saya, dan yang saya rasakan adalah perubahan yang sangat positif,” kata Iko saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selama ini, dia menyebut bahwa dirinya kerap merasakan sinyal dan rasa sakit di sekitar kepala bagian belakang. Rasa sakit tersebut benar-benar terasa saat dirinya bangun tidur di pagi hari.

Meski dikenal sebagai seorang aktor yang memiliki aktivitas fisik tinggi, Iko mengaku baru mulai melakukan jenis olahraga lain yaitu olahraga kardio saat ini. Selain untuk mengontrol kolesterol, dia menyebutkan, olahraga tersebut dilakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik.

Menurut pemeran film The Raid itu, kolesterol tidak dilihat dari bobot seseorang, melainkan dari pola makan yang dijalaninya.

“Meskipun tubuh terlihat bugar dan sehat, tapi kita enggak tahu bagaimana kesehatan organ di dalam tubuh,” kata pemeran film The Raid itu.

Iko mengubah pola makan dengan tidak mengonsumsi nasi sama sekali. Sebagai gantinya, dia mendapatkan asupan karbohidrat dari jenis makanan yang juga mengandung serat seperti ubi, singkong, dan nasi merah. Selain itu, selama dua bulan, Iko hanya mengonsumsi ayam bakar sama buncis saja, tanpa tambahan bahan lain, termasuk tidak pakai kecap dan garam.

Namun demikian, Iko mengaku masih sesekali ‘nakal’ dalam urusan makan. Pada beberapa kesempatan, dia sangat ingin menikmati rasa makanan kesukaannya, dan dia pun melakukannya.

“Saya nge-cheat (curang) sih, nge-cheat saja. Tapi enggak berlebih. Paling makan satu sampai dua suap, yang penting sudah ngerasain di lidah,” katanya.

Iko mengaku banyak melakukan konsultasi dengan rekan sesama atlet, seperti Ade Rai. Sejauh ini, dia pun telah menerapkan pola hidup sehat selama dua tahun dan mengaku merasakan banyak hal positif.

Anda berniat mencoba pola hidup sehat untuk memerangi kolesterol tinggi seperti Iko Uwais? Boleh saja, tapi jangan terlalu memaksakan diri. Atau konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan petunjuk bagaimana pola makan untuk menurunkan kolesterol tinggi.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar