Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan

Gerardus Septian Kalis, 24 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apa saja manfaat kedelai untuk tubuh Anda? Berikut di antaranya.

5 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan

Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan. Manfaat kedelai sangat beragam karena zat-zat gizi di dalamnya pun melimpah. Dalam hal vitamin, kedelai mengandung vitamin K, riboflavin, folat, vitamin B6, thiamin, dan vitamin C. Sedangkan untuk mineral, kedelai mengandung sejumlah zat besi, mangan, fosfor, potasium, kalsium, dan sebagainya.

  1. Meningkatkan fungsi metabolisme Kedelai adalah salah satu sumber protein. Bila Anda memiliki cukup protein dalam tubuh, maka fungsi metabolisme dan keseluruhan sistem tubuh akan berfungsi dengan maksimal. Protein berfungsi untuk membangun sel dan pembuluh darah di setiap bagian tubuh. Protein dari kedelai memastikan kesehatan dan pertumbuhan sel dengan tepat. Kedelai dapat menjadi pengganti protein yang biasanya didapatkan pada daging merah, ayam, telur, produk susu, dan ikan.
  2. Mengatur berat badan Kedelai bekerja dengan dua cara. Pertama, kedelai dan semua produk olahan kedelai dikaitkan dengan penekanan nafsu makan, di mana hal ini dapat membantu menghilangkan nafsu makan yang berlebihan. Namun, kedelai juga menyediakan jumlah serat dan protein yang layak untuk meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, kedelai bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau menambah berat badan.
  3. Mencegah kanker Memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, kedelai mampu mencegah timbulnya berbagai jenis kanker. Antioksidan bertugas untuk menetralkan radikal bebas yang merupakan produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel. Radikal bebas ini dapat menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker yang mematikan. Kandungan serat yang tinggi dalam kedelai juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar. Serat membantu mengurangi proses pencernaan dan mengurangi ketegangan pada sistem gastrointestinal.
  4. Menjaga kesehatan jantung Kedelai adalah sumber lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencegah kondisi seperti aterosklerosis, yang dapat dengan mudah menyebabkan serangan jantung dan stroke. Selain itu, kedelai juga memiliki serat larut yang akan membantu dalam menurunkan kadar kolestrol.
  5. Memperbaiki kesehatan tulang Kandungan vitamin, mineral, kalsium, seng, dan sebagainya pada kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Semua nutrisi ini penting untuk mempromosikan aktivitas osteotrofik. Aktivitas ini memungkinkan tulang baru tumbuh dan juga mempercepat proses penyembuhan tulang.

Mengonsumsi kedelai bisa menjadi solusi jangka panjang untuk masalah seperti osteoporosis yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.Itulah beberapa manfaat kedelai yang dapat Anda peroleh. Melihat kayanya kandungan kedelai, maka masukkanlah kedelai dalam menu makan utama Anda setiap hari.

[RS/ RVS]

KedelaiKesehatankacang kedelaimanfaat kedelai

Konsultasi Dokter Terkait