Sukses

Pijat Efektif Bagi Kesehatan Hati?

Pijat ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan hati. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Pijat biasanya dilakukan untuk membantu melemaskan otot yang tegang. Namun, terdapat beberapa jenis pijat yang menjanjikan bermanfaat bagi kesehatan hati?

Sayangnya belum ada penelitian medis yang membuktikan bahwa pijat benar-benar dapat bermanfaat bagi kesehatan organ hati. Pijat pada daerah tubuh yang tidak dilindungi tulang dapat berbahaya. Seperti pada rongga perut, dimana organ hati terletak.

Pijat yang salah dan terlalu keras dapat membuat perdarahan pada organ dalam perut. Perdarahan tersebut sulit diketahui atau dilihat kecuali sudah terjadi perdarahan berat dan parah serta perlengketan pada organ dalam perut yang juga berbahaya.

Namun, ada beberapa gerakan yang dapat Anda coba untuk membuat organ hati tetap aktif seperti:

  1. Menekan

    Tidurlah terlentang agar otot perut Anda rileks sehingga mudah untuk mencapai organ hati. Rabalah organ hati dengan jari kedua tangan Anda.

    Carilah di daerah sekitar perut kanan atas dibawah iga. Tekanlah secara perlahan pada bawah iga Anda kearah atas. Lakukanlah gerakan ini 20 kali dan bertahap meningkat setiap harinya.

  2. Menekan dan menggosok

    Tidurlah dengan posisi miring ke sebelah kanan. Letakkan tangan kiri Anda ke daerah organ hati. Tekuklah kaki Anda agar otot perut rileks. Tekan dan gosok secara perlahan organ hati Anda.

  3. Putar badan

    Duduklah tegak dengan kaki disilangkan. Letakanlah telapak tangan Anda di atas perut bagian bawah. Putar badan Anda ke kiri dan ke kanan masing-masing 15 kali.

    Setelah itu miringkan badan Anda ke kanan dan ke kiri secara perlahan. Pada posisi tengah, buatlah jari tangan Anda bertautan dan doronglah telapak tangan Anda kedepan sebanyak 8 kali. Gerakan ini jika dilakukan dengan benar dapat menstimulasi organ hati Anda.

Jika Anda penderita penyakit hati ingin menerapkannya di rumah sebaiknya konsultasilah terlebih dahulu ke dokter. Jangan sampai hasil pijatan tersebut justru memperparah keadaan Anda.

[DA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar