Sukses

Perlukah Membandingkan Diri dengan Orang Lain di Media Sosial?

Media sosial sering menjadi ajang untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tapi perlukah?

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda membandingkan kehidupan sosial dan kondisi ekonomi Anda dengan teman, selebriti, atau idola? Apakah Anda terobsesi dengan pola hidup mereka agar tampak lebih bahagia?

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain di media sosial adalah hal yang umum terjadi. Hal itu juga menjadi bagian yang wajar dari kehidupan sesama makhluk sosial. Sebuah survei baru-baru ini bahkan menemukan bahwa media sosial adalah sarana yang efektif untuk membandingan diri sendiri dengan orang lain.

British Psychological Society juga mendapatkan sebuah temuan tentang media sosial dan harga diri. Temuan itu mengungkapkan, perkembangan penggunaan media sosial telah menyebabkan kekhawatiran mengenai dampak kesehatan mental seseorang.

Untuk melihat dampak kesehatan mental seseorang, periset melakukan survei tentang dampak media sosial. Hasilnya, 51 persen peserta mengungkapkan bahwa media sosial telah mengubah rasa percaya diri mereka, karena membandingkan prestasinya dengan sejumlah teman virtual mereka.

Selain itu, dua per tiga peserta lebih sulit untuk bersantai atau tidur setelah menghabiskan waktu di media sosial. Di samping itu, lebih dari setengahnya mengaku merasa lebih sadar tentang citra diri mereka.

Menurut Nicky Lidbetter, CEO Anxiety UK, seperti dikutip dari NetDoctor, media sosial memungkinkan orang untuk menyajikan realitas yang tidak sebenarnya saat menyangkut kehidupan mereka, dan hal ini mungkin jauh dari akurat.

Ketika orang mulai membandingkan diri mereka dengan apa yang mereka lihat di media sosial, mereka dapat menemukan diri mereka dengan orang yang tidak realistis.

Lidbetter mengingatkan bahwa apa yang Anda lihat di media sosial telah dipilih secara khusus, diedit. Bahkan kerap menggunakan filter untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih halus atau cerah.

Konten yang Anda lihat di media sosial sering tidak menyajikan representasi yang sebenarnya dari kehidupan seseorang. Semua itu kadang sama sekali tidak mewakili kehidupan mereka yang sesungguhnya.

Jika tidak digunakan dengan bijak, media sosial memang dapat menjadi celah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Bila hal ini terus berlanjut bahkan sampai mengganggu aktivitas, Anda sepertinya harus log out dari semua aktivitas di media sosial.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar