Sukses

5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

Olahraga sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh, tidak terkecuali bagian tubuh yang bernama otak.

Klikdokter.com, Jakarta Menurut beberapa penelitian yang dilakukan di Irlandia pada peserta yang selesai berolahraga lalu menjalani pemeriksaan darah, didapatkan peningkatan kadar BDNF (Brain Derived Neutropic Factor). BDNF merupakan protein khusus di dalam otak yang membantu memperkuat dan menjaga sel-sel di saraf tetap dalam keadaan sehat. Selain itu, BDNF juga membantu menstimulasi pertumbuhan sel saraf di otak yang baru. Sedangkan pada peserta yang tidak melakukan olahraga, tidak terjadi perubahan kadar BDNF.

Alasan lain mengapa olahraga sangat baik untuk kesehatan otak adalah terjadinya peningkatan aliran darah saat berolahraga, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan aliran darah ke pembuluh darah di bagian otak. Selain itu juga adanya metabolisme glukosa dan lemak saat berolahraga, yang berdampak baik sebagai asupan nutrisi ke otak.

Selain beberapa hal di atas, berikut ini 5 manfaat olahraga untuk kesehatan otak:

  1. Meningkatkan daya ingat

    Saat olahraga, bagian otak yang paling memberikan respon kuat adalah hipokampus. Hipokampus merupakan bagian dari otak yang berperan dalam menyimpan ingatan. Jadi jika Anda ingin terus memiliki daya ingat yang baik, rutinlah berolahraga setiap hari.

  2. Meningkatkan daya konsentrasi

    Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat, terdapat hasil adanya peningkatan konsentrasi pada peserta penelitian, yaitu pelajar yang selesai berolahraga menjadi lebih konsentrasi belajar, daripada mereka yang tidak berolahraga.

  3. Memperlambat menurunnya fungsi kognitif

    Fungsi kognitif adalah kemampuan seseorang dalam daya bahasa, daya ingat, intelegensia dan visuospasial. Seiring dengan bertambahnya umur, fungsi kognitif manusia akan berkurang dan berisiko menderita demensia.

    Olahraga dapat menurunkan risiko demensia karena berperan menstimulasi sel neuron yang baru.

  4. Memperbaiki Suasana Hati

    Saat olahraga, tubuh memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bertugas membuat seseorang merasa nyaman dan senang. Selain itu setelah olahraga, bagian otak yang bernama amigdala akan mengecil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa cemas dan takut.

  5. Mengendalikan Stres

    Saat seseorang sedang stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan epinefrin. Menurut berbagai penelitian, olahraga yang dilakukan teratur dapat menurunkan stres seseorang dengan menurunkan hormon kortisol dan epinephrine. Selain itu juga meningkatkan hormon serotonin dan endorfin yang berperan memberikan rasa senang dan nyaman.

Untuk tetap menjaga kesehatan otak Anda, mulailah dengan olahraga yang Anda sukai dan nyaman. Lakukan minimal 30 menit setiap hari, ya.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar