Sukses

Kiat Jitu Berantas Nyeri Sendi Usai Berolahraga

Terkadang, melakukan aktivitas baru dapat membuat seseorang mengalami nyeri sendi.

Klikdokter.com, Jakarta Berolahraga merupakan hal yang baik jika dilakukan secara rutin. Namun, posisi tubuh yang salah saat beraktivitas fisik dapat menyebabkan terjadinya nyeri pada persendian.

Nyeri sendi bisa timbul akibat peradangan atau cedera pada sendi setelah berolahraga. Sendi yang terlibat di antaranya adalah sendi pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari, dan sebagainya.

Bagi sebagian orang, rasa nyeri yang timbul dapat hilang setelah beberapa waktu. Namun, terkadang rasa nyeri juga dapat menetap.

Rasa nyeri pada sendi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut kiat yang bisa diterapkan untuk membantu meredakan rasa nyeri pada persendian:

  1. Istirahatkan sendi yang mengalami nyeri

    Hal pertama yang dapat Anda lakukan setelah mengalami nyeri sendi adalah mengistirahatkan persendian tersebut. Jadi, bila Anda sedang melakukan aktivitas tiba-tiba terasa nyeri pada persendian tertentu, hentikan aktivitas terlebih dahulu dan istirahatkan persendian Anda.

  2. Gunakan ice pack

    Setelahnya, Anda dapat membuat ice pack menggunakan es batu yang dibungkus kain tipis. Lalu letakkan pada persendian yang terasa nyeri selama sekitar 15 menit.

  3. Berikan balutan pada persendian

    Balut persendian yang nyeri menggunakan perban elastis atau perban lain yang tersedia. Hal ini dapat menghindari pergerakan dari sendi tersebut yang dapat memperberat nyeri yang dirasakan.

  4. Angkat bagian persendian yang terasa nyeri

    Posisikan bagian persendian yang nyeri agar lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya. Salah satu cara Anda dapat melakukan ini adalah dengan meletakkan persendian yang nyeri di atas bantal saat duduk atau berbaring.

    Selain melakukan kiat di atas, Anda juga dapat menggunakan salep pereda nyeri. Misalnya Voltaren Emulgel yang bisa Anda aplikasikan pada area yang mengalami nyeri sendi.

Voltaren Emulgel mengandung zat non-steroid dan anti peradangan (NSAID). Kandungan Kandungan natrium diklofenak pada gel ini bekerja untuk meredakan rasa nyeri tanpa menimbulkan rasa panas di kulit.

Kelebihan lainnya, Voltaren Emulgel dapat melawan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan yang memungkinkan penderitanya dapat segera beraktivitas kembali tanpa hambatan.

Voltaren emuhel tersedia dalam tube berukuran 20 g, 50 g, 100 g, 120 g, dan 180 g yang dapat dibeli di supermarket di seluruh Indonesia. Jika gejala tidak kunjung sembuh segera konsultasikan penyakit Anda ke dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar