Sukses

Manfaat Berenang untuk Penderita Asma

Anda menderita asma? Jangan pernah ragu untuk rutin berenang.

Klikdokter.com, Jakarta Berenang adalah salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk penderita asma. Olahraga ini dapat membantu penderita asma untuk mengembangkan praktik pernapasan yang baik.

Posisi tubuh yang mendatar saat berenang memiliki efek positif terhadap saluran pernapasan penderita asma. Dibandingkan dengan olahraga lain, posisi tubuh ini akan membuat saluran pernapasan lebih rileks.

Pasalnya, tubuh tidak perlu menopang terlalu banyak tekanan seperti ketika Anda sedang berdiri. Di kolam renang, sebagian beban tubuh Anda akan ditopang oleh air. Berenang juga melatih seluruh otot pernapasan, mulai dari dada, perut, bahu hingga pundak.

Sebagian besar serangan asma dipicu oleh udara kering. Uap air dari kolam renang membuat udara yang masuk tidak kering, sehingga serangan asma tidak akan terjadi saat Anda sedang berenang.

Selain itu, berenang sering direkomendasikan kepada penderita asma untuk menjaga fungsi paru-parunya. Sejumlah penelitian mengungkapkan, gejala asma dapat berkurang pada penderita asma yang rutin berenang, dibandingkan pasien asma yang tidak berenang.

Meskipun berenang aman untuk penderita asma, terdapat kandungan berbahaya dalam kolam renang yang juga harus diwaspadai.

Beberapa penelitian terakhir menyebutkan, kadar klorin tinggi yang terdapat pada kolam renang dapat mengiritasi saluran pernapasan. Saat Anda berenang, sebagian kecil klorin dapat terhirup ke saluran pernapasan. Tentunya, hal ini dapat menimbulkan iritasi pada penderita asma.

Banyak penderita asma yang enggan berolahraga karena takut terkena serangan asma. Nah, berenang bisa jadi solusi bagi penderita asma untuk tetap aktif bergerak. Faktanya, kurang olahraga bisa membuat kondisi fisik penderita asma menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan serangan asma.

Bagi Anda penderita asma, berenang adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan agar asma tidak kumat. Akan tetapi, belum ada bukti yang menegaskan bahwa berenang dapat menyembuhkan asma.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar