Sukses

5 Penyebab Mulut Terasa Asam

Apakah Anda sering mengalami mulut terasa asam? Cek penyebabnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Mengalami rasa asam di mulut benar-benar tidak menyenangkan. Ketika mulut terasa asam, kondisi tersebut bisa menjadi indikator kesehatan Anda. Namun ternyata, mulut tidak hanya bisa terasa asam, tapi mulut pun bisa terasa asin, pahit hingga terasa seperti logam.

Tahukah Anda bahwa setiap rasa pada mulut ini menggambarkan kondisi kesehatan yang berbeda-beda?

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa mulut terasa asam.

  1. Infeksi sinusAdanya masalah pada sinus di hidung juga dapat menyebabkan hidung tersumbat, sehingga mulut terasa asam. Hal ini karena indra perasa dan indra penciuman saling berkaitan erat. Selain masalah sinus, flu dan pilek serta alergi juga dapat menyebabkan mulut terasa asam.
  2. Menurunnya kesehatan mulutMulut asam atau terasa seperti logam bisa terjadi saat Anda mengalami radang gusi, peradangan pada tulang pendukung gigi (periodontitis), atau infeksi gigi. Masalah mulut ini dapat menyebabkan gusi Anda berdarah setelah sikat gigi, sehingga Anda kemudian merasakan seperti ada rasa logam di mulut. Radang gusi, periodontitis, atau infeksi gigi dapat menyebabkan infeksi yang serius pada gigi dan gusi jika Anda tidak segera mengobatinya. Rasa logam di mulut pun mungkin juga tidak akan hilang sebelum masalah gigi dan gusi ini terobati.
  3. KehamilanRasa asam di mulut juga bisa dirasakan saat Anda sedang hamil. Hal ini mungkin disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi pada tubuh saat kehamilan. Kondisi ini normal terjadi di tahap awal kehamilan dan akan hilang seiring berjalannya waktu. Perubahan rasa pada lidah juga dapat menyebabkan perubahan pada nafsu makan.
  4. Refluks empeduRefluks empedu terjadi ketika cairan pencernaan yang diproduksi hati atau empedu kembali mengalir ke lambung dan kerongkongan. Terkadang, penyakit ini juga disertai dengan refluks asam lambung, yaitu naiknya asam lambung ke kerongkongan.Penderita dicurigai mengalami refluks empedu ketika tidak ada perbaikan gejala dengan pemberian obat-obat yang bersifat menekan asam lambung.
  5. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)GERD merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung yang tinggi. Cincin otot antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik, sehingga isi lambung berbalik ke atas dan masuk ke kerongkongan.Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik sampai ke mulut (hingga terasa asam pada bagian belakang mulut). Jika Anda menderita GERD, waktu paling berisiko adalah saat tidur. Dengan posisi horizontal, cairan lambung akan mudah turun ke kerongkongan. Usahakan topang kepala Anda dengan bantal yang tinggi untuk mengurangi efek GERD.

Itulah beberapa penyebab mulut terasa asam. Jika kondisi tersebut semakin mengganggu, ada baiknya untuk memastikan penyebab mengapa mulut terasa asam, segeralah berkonsultasi ke dokter.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar