Sukses

Segudang Manfaat Sehat Memelihara Hewan di Rumah

Memelihara hewan di rumah ternyata tidak hanya membawa kesenangan. Hal ini juga bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, lho!

Sebagian orang memiliki hewan peliharaan di rumah. Apakah Anda salah satunya? Jenis hewan apa yang Anda pelihara? Apakah kucing, anjing, burung, atau kelinci?

Tidak hanya memberikan kesenangan, ternyata memelihara hewan juga bisa mendatangkan beragam manfaat sehat, lho! Berikut ini beberapa manfaat sehat memiliki hewan peliharaan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bermain bersama seekor anjing atau kucing atau sekadar melihat ikan-ikan berenang di akuarium ternyata baik untuk kesehatan jantung.

Menikmati saat-saat bersama hewan peliharaan, nyatanya dapat membuat detak jantung Anda lebih teratur dan mampu menurunkan tekanan darah.

Hal itu mungkin terjadi karena bermain dengan hewan peliharaan dapat memberikan rasa tenang dan mampu merangsang tubuh untuk melepaskan hormon bahagia.

Sebuah penelitian telah membuktikan hal tersebut. Penelitian itu menemukan bahwa seseorang yang memelihara kucing memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

Penelitian lainnya pun menemukan hal serupa. Seseorang yang memelihara anjing disebut dapat memiliki umur yang lebih panjang, sekitar 1 tahun, bahkan setelah mengalami serangan jantung.

Artikel Lainnya: Benarkah Virus Corona Bisa Ditularkan dari Hewan Peliharaan?

1 dari 5 halaman

2. Suasana Hati Lebih Baik

Hanya dengan 30 menit bermain dengan hewan peliharaan, tubuh Anda akan melepaskan hormon bahagia ke otak. Hal inilah pada akhirnya membantu memperbaiki suasana hati atau mood.

Terapi bermain bersama hewan peliharaan sangat baik untuk menjaga mood Anda lebih stabil dan menghindari perubahannya secara mendadak.

Memiliki hewan peliharaan juga dapat menghindarkan Anda dari rasa kesepian, yang dapat merusak suasana hati.

3. Menekan Stres

Menghabiskan waktu selama 5 menit dengan hewan peliharaan seperti anjing disebut efektif untuk menurunkan kadar kristol, yaitu hormon pemicu stres.

Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa efek dari hewan peliharaan untuk menekan stres sangatlah besar.

Para peneliti menemukan bahwa sebagian besar partisipan studi lebih merasa nyaman dan senang saat berada di sekitar hewan peliharaan ketimbang pasangan mereka.

Studi lain menunjukkan, memiliki hewan peliharaan dapat membantu proses penyembuhan luka secara psikis.

Hal ini diduga karena hewan peliharaan Anda akan selalu menemani tanpa peduli kondisi majikannya.

Artikel Lainnya: Memelihara Anjing Bisa Bikin Panjang Umur, Ini Penjelasannya

2 dari 5 halaman

4. Menjaga Tekanan Darah

Tahukah Anda bahwa memiliki hewan peliharaan juga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil? Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian, lho!

Dalam salah satu satu penelitian terhadap 240 pasangan yang menikah, pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah dan detak jantung yang relatif rendah saat istirahat dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

5. Menjaga Kadar Kolesterol

Orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih optimal dibandingkan dengan orang yang tidak.

Alasan dari adanya kondisi tersebut memang masih belum jelas. Namun, beberapa ahli menduga bahwa kadar kolesterol yang optimal pada orang-orang tersebut bisa terjadi karena mereka menjalani gaya hidup lebih aktif lantaran harus mengurus hewan peliharaan.

3 dari 5 halaman

6. Meningkatkan Kebugaran

Jika memiliki anjing, Anda mungkin akan lebih aktif untuk berjalan-jalan bersamanya mengitari lingkungan rumah.

Seperti diketahui, berjalan adalah jenis olahraga ringan yang juga mampu meningkatkan kebugaran apabila dilakukan secara rutin dan teratur.

7. Menekan Risiko Alergi dan Memperbaiki Sistem Kekebalan

Ketika anak-anak tumbuh di rumah dengan anjing atau kucing, mereka cenderung tidak memiliki alergi.

Hal yang sama juga berlaku untuk anak-anak yang tinggal di pertanian, dengan hewan berukuran lebih besar.

Diketahui bahwa menghabiskan hari-hari bersama hewan peliharaan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, risiko terjadinya alergi dan penyakit infeksi pun bisa berkurang.

Artikel Lainnya: Cara agar Tak Tertular Penyakit Kulit dari Hewan Peliharaan

4 dari 5 halaman

8. Membantu Anak dengan ADHD

Ketika seorang anak dengan ADHD bermain dengan hewan peliharaan, mereka akan sekaligus berlatih untuk mengerjakan tugas, perencanaan, dan tanggung jawab.

Hewan peliharaan perlu bermain, dan itu membantu anak dengan ADHD membakar energi ekstra yang dimilikinya.

Karena ikatan antara hewan peliharaan dan anak adalah cinta tanpa syarat, hewan peliharaan dapat membantu anak dengan ADHD belajar tentang harga diri.

Itu dia beragam manfaat hewan peliharan bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan. Apakah Anda mulai tertarik untuk memiliki hewan peliharaan juga? Jika ya, jangan sungkan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan seluruh anggota keluarga agar kehadiran hewan peliharaan dapat benar-benar diterima.

Jika Anda menemukan keraguan saat hendak memelihara hewan, jangan sungkan untuk berkonsultasi pada dokter menggunakan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar