Sukses

3 Manfaat Kesehatan dari Merawat Hewan Peliharaan

Tak hanya berperan sebagai penjaga rumah, hewan peliharaan juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang memilih untuk memelihara beberapa jenis hewan sebagai ‘teman’. Umumnya mereka merupakan para pecinta binatang dan merasa bahagia saat berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka.

Namun selain mendapatkan kesenangan, ternyata memiliki hewan peliharaan juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

    Bermain bersama seekor anjing atau kucing atau sekadar melihat ikan-ikan berenang di akuarium ternyata baik untuk kesehatan jantung Anda. Menikmati saat-saat bersama hewan peliharaan, nyatanya dapat membuat detak jantung Anda lebih teratur dan mampu menurunkan tekanan darah.

    Hal itu mungkin terjadi karena bermain dengan hewan peliharaan dapat memberikan rasa tenang dan mampu merangsang tubuh untuk melepaskan hormon bahagia.

    Sebuah penelitian telah membuktikan hal itu. Penelitian itu menemukan bahwa seseorang yang memelihara kucing memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

    Dan penelitian lainnya pun menemukan hal yang sama. Seseorang yang memelihara anjing disebut dapat memiliki umur yang lebih panjang, sekitar 1 tahun, bahkan setalah sebuah serangan jantung.

  2. Memperbaiki suasana hati

    Mengutip Women’’s Health, memiliki binatang peliharaan dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati atau mood. Hanya dengan 30 menit bermain dengan anjing Anda, tubuh dapat melepaskan hormon bahagia ke otak.

    Terapi ini sangat baik untuk menjaga mood Anda lebih stabil dan menghindari perubahannya secara mendadak. Memiliki hewan peliharaan juga dapat menghindarkan Anda dari rasa kesepian, yang dapat merusak suasana hati.

  3. Menekan stres

    Saat mood Anda selalu terjaga, maka semakin kecil tubuh merasakan stres. Menghabiskan waktu selama 5 menit dengan seekor anjing disebut efektif untuk menurunkan kadar kristol, yaitu hormon pemicu stres.

    Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa efek dari hewan peliharaan untuk menekan stres sangatlah besar. Para peneliti menemukan sebagian besar orang mengaku lebih merasa nyaman dan senang saat berada di sekitar hewan peliharaan ketimbang pasangan mereka.

    Studi lain menunjukkan, memiliki hewan peliharaan dapat membantu proses penyembuhan luka. Entah karena sebab apa, mungkin ada masanya Anda akan sangat merasa terluka dan kecewa. Dan hewan peliharaan adalah teman yang pas untuk memahami dan membantu Anda menjalani masalah tersebut.

Bagaimana? Tertarik untuk segera memiliki hewan peliharaan? Sebelum memutuskannya, ada baiknya Anda berdiskusi dengan pihak keluarga di rumah.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar