Sukses

Tanda-tanda Sepatu Olahraga Anda Sudah Kedaluwarsa

Sepatu olahraga Anda sudah sobek atau sering bikin kaki sakit? Bisa jadi itu karena dia sudah kedaluwarsa!

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya makanan, sepatu olahraga yang biasa menemani Anda berolahraga juga punya masa kedaluwarsa sendiri. Jika sudah tak layak, sepatu olahraga ini bisa membuat kaki Anda sakit sehingga olahraga pun tak akan nyaman untuk dilakukan.

Lalu, apa saja tanda-tanda jika sepatu olahraga Anda sudah harus diganti? Berikut penjelasannya.

  1. Badan sepatu sobek

    Banyak orang yang masih menggunakan sepatu olahraganya meskipun sudah sobek. Bahkan, ada yang menjahit bagian yang sobek tersebut. Padahal ini merupakan tanda sepatu Anda sudah tak layak digunakan.

  2. Jarak tempuh sepatu

    Jarak yang biasanya dapat ditempuh oleh sepatu lari berkisar antara 450–650 km, bergantung gaya berlari, berat badan, dan permukaan lari yang Anda gunakan.

    Semakin besar tubuh Anda, tentu semakin cepat masa kedaluwarsa sepatu. Kemudian, semakin halus permukaan yang dilalui sepatu Anda, semakin lama kedaluwarsa sepatu tersebut. Penting bagi Anda untuk mencatat tanggal pembelian sepatu, agar dapat memperkirakan berapa jarak tempuh sepatu Anda.

  3. Kaki terasa sakit

    Jika Anda merasakan nyeri pinggang bawah, pergelangan kaki, dan persendian lainnya (terutama sendi lutut), itu merupakan tanda fungsi bantalan sepatu Anda sudah berkurang. Apalagi bila dirasakan di kedua sisi kaki, artinya Anda harus mengganti dengan sepatu yang lebih baru.

  4. Permukaan sol tidak rata

    Ketika permukaan sol sepatu sudah tidak rata (dibanding saat Anda membeli) atau jebol, hal ini dapat memengaruhi keseimbangan tubuh, yang tentunya dapat membahayakan Anda. Itu juga merupakan tanda sepatu Anda sudah kedaluwarsa.

  5. Sepatu bau

    Sepatu Anda masih bau walaupun sudah dicuci? Itu merupakan pertanda sepatu Anda mengandung banyak bakteri. Sebaiknya Anda segera ke toko sepatu untuk membeli sepatu baru.

Sekarang sudah tahu, kan, tanda-tanda sepatu olahraga yang sudah kedaluwarsa? Jadi, bijaklah dalam menggunakan sepatu olahraga Anda, terutama jika sudah sobek dan tak layak. Jangan sampai niat Anda untuk memiliki tubuh sehat hanya menjadi angan-angan karena cedera yang dialami.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar