Sukses

Mengapa Makan Gelato Bikin Gigi Ngilu?

Sering merasakan ngilu pada gigi setelah makan gelato? Yuk, kenali penyebabnya berikut ini.

Menikmati gelato saat cuaca sedang terik memang terasa melegakan. Siapa yang tidak tergoda, tampilannya yang menarik dan rasa yang bervariasi, tentu sudah cukup untuk menggugah selera.

Gelato adalah es krim khas Italia yang memiliki kandungan lemak lebih rendah ketimbang es krim biasa. Gelato dibuat dengan susu yang lebih banyak dibandingkan krim. Bahkan, umumnya gelato tidak mengandung kuning telur di dalamnya.

Bukan hanya bahannya saja yang berbeda, melainkan juga cara pembuatannya. Suhu pembekuan dan penyimpanan gelato tidak sedingin es krim sehingga saat disantap, gelato tidak terasa terlalu beku di lidah.

Namun tetap saja, suhu yang dingin dan rasa yang manis pada gelato dapat menjadi penyebab gigi ngilu pada penderita gigi sensitif.

1 dari 3 halaman

Kandungan Gelato yang Sebabkan Gigi Ngilu

Gigi sensitif dapat disebabkan oleh terkikisnya permukaan gigi (email). Akibatnya, lapisan dentin yang merupakan lapisan pelindung dari saraf gigi terbuka, sehingga menjadi sensitif terhadap rangsangan, misalnya suhu dingin ataupun panas.

Lalu, adakah kandungan gelato yang menjadi penyebab gigi Anda ngilu? Sebenarnya gelato yang terdiri dari krim dan tambahan perasa tidak secara otomatis membuat gigi ngilu.

Artikel Lainnya: Gigi Ngilu Setelah Makan Es Krim, Ini Sebabnya

Jadi, jangan hanya terfokus pada kandungan gelato yang memicu gigi ngilu Anda. Sebab, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami keluhan tersebut, yaitu gigi sensitif dan gigi berlubang.

1. Gigi Sensitif

Penyebab utama gigi ngilu adalah gigi yang sudah sensitif. Kondisi ini terjadi saat gigi terasa ngilu beberapa saat setelah mengonsumsi makanan dan minuman dingin ataupun asam. Beberapa pemicu gigi sensitif adalah:

  • Kebiasaan menyikat gigi dengan cara yang salah.
  • Sering konsumsi makanan dan minuman asam atau bersoda, seperti lemon, soft drink, alkohol, dan sebagainya.
  • Resesi gusi atau gusi turun. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit gusi yang membuat area sensitif gigi Anda tidak tertutup.
  • Melakukan pemutihan gigi secara berlebihan sehingga mineral pada gigi menjadi keropos.
  • Gigi yang retak akibat kebiasaan buruk, seperti mengonsumsi makanan yang keras dan kebiasaan menggemeretakkan gigi (bruxism).

2. Gigi Berlubang

Kondisi gigi berlubang terjadi ketika jaringan keras pada gigi rusak. Hal ini disebabkan oleh karies gigi yang tidak ditangani dengan baik. Karies gigi terjadi ketika lapisan terluar gigi (email) rusak sehingga tinggal lapisan terdalam (dentin).

Nah, lapisan dentin inilah yang sensitif terhadap makanan dan minuman dingin, seperti gelato. Jadi, ketika Anda mengalami keluhan gigi ngilu setelah makan gelato, bisa saja gigi Anda berlubang.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu

2 dari 3 halaman

Tips Bebas Ngilu Saat Makan Gelato

Makan gelato bersama teman-teman saat cuaca sedang terik memang mengasyikkan. Agar bebas dari gigi ngilu saat makan gelato, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Sikatlah gigi secara teratur sebanyak 2 kali sehari. Gunakan sikat gigi berbulu halus dengan ujung kepala sikat yang mengecil sehingga dapat mencakup seluruh daerah gigi.
  • Sikatlah gigi dengan teknik yang tepat dan hindari menyikat gigi terlalu keras.
  • Jika Anda memiliki gigi yang sensitif, gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif yang mengandung potasium nitrat untuk meredakan gigi ngilu.
  • Batasi makanan atau minuman yang mengandung asam dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih setelahnya.
  • Hentikan kebiasaan buruk, seperti menggigit-gigit es batu atau menggemeretakkan gigi.
  • Lakukan penambalan pada gigi yang berlubang atau rusak ke dokter gigi.
  • Membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali untuk mencegah penyakit gusi.
  • Anda bisa mengonsumsi gelato dengan cara dijilat alih-alih langsung digigit untuk menghindari suhu dingin yang langsung mengenai permukaan gigi.
  • Berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi gelato atau sikat gigi setidaknya 30 menit setelahnya. Ini dilakukan agar kandungan gula di dalam gelato tidak tertinggal di sekitar permukaan gigi sehingga terkikisnya lapisan email gigi dapat dihindari.

Meskipun Anda mengalami keluhan gigi ngilu setelah mengonsumsi gelato, jangan langsung menyalahkan gelato, ya. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab gigi ngilu, yaitu gigi yang sudah sensitif dan gigi berlubang.

Bila mengalaminya, ikuti cara-cara di atas untuk mengatasi gigi ngilu Anda. Namun ingatlah, jika keluhan berlanjut setelah mengonsumsi gelato, Anda perlu segera berkonsultasi kepada dokter gigi untuk dicari tahu penyebabnya sehingga penanganan pun dapat dilakukan dengan tepat.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar