Sukses

Mengapa Makan Gelato Bikin Gigi Ngilu?

Penderita gigi sensitif biasanya enggan makan gelato karena serangan gigi ngilu yang sering mengintai. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Klikdokter.com, Jakarta Di Indonesia, khususnya Jakarta, Anda tentu semakin sering menjumpai gerai yang menjajakan gelato. Tampilannya yang menarik dan rasa yang bervariasi, tentu menggugah selera. Apalagi bila disantap di tengah terik matahari, pasti nikmat.

Sebenarnya gelato berbeda dengan es krim. Gelato adalah es krim khas Italia yang dibuat menggunakan lebih banyak susu, bukan krim dan kuning telur seperti pada es krim. Karena itu, kandungan lemak pada gelato jauh lebih rendah daripada es krim.

Selain itu, suhu pembekuan dan penyimpanan gelato tidak sedingin es krim, sehingga saat disantap, gelato tidak terasa terlalu beku di lidah. Namun tetap saja, suhu yang dingin dan rasa yang manis pada gelato dapat memicu gigi ngilu pada penderita gigi sensitif.

Gigi sensitif dapat disebabkan oleh terkikisnya permukaan gigi yaitu email. Hal ini menyebabkan gigi menjadi sensitif terhadap rangsangan, misalnya suhu dingin ataupun panas.

Terkikisnya lapisan email paling sering terjadi pada daerah leher gigi karena kesalahan saat menyikat gigi atau menyikat gigi terlalu kuat. Karena itu, Anda perlu segera memperbaiki cara menyikat gigi dan tidak perlu menekan secara berlebihan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan aktif khusus seperti potassium nitrate yang dapat meredakan gigi ngilu. Jika keluhan berlanjut setelah mengonsumsi gelato, Anda perlu segera berkonsultasikan dengan dokter gigi.

[BA/ RH]

 

0 Komentar

Belum ada komentar