Sukses

Memutihkan Gigi dengan Stroberi Bikin Gigi Ngilu?

Memutihkan gigi dengan stroberi dipercaya bisa membuat gigi terasa ngilu. Apa benar? Bagaimana stroberi bisa menyebabkan gigi ngilu? Simak di sini!

Memutihkan gigi dengan buah stroberi dipercaya sebagai cara alami yang murah dan mudah untuk dilakukan sendiri. Tak sedikit orang yang melakukannya untuk mendapatkan gigi putih, bersih, dan cerah. Namun, benarkah memutihkan gigi dengan stroberi justru bikin gigi ngilu?

Stroberi mengandung asam elagat dan asam malat yang dipercaya bisa memutihkan gigi. Asam tersebut dikatakan mampu berperan sebagai oksidator yang memecah molekul noda yang menyebabkan gigi tampak gelap.

Asam elagat memiliki kemampuan yang sama seperti hidrogen peroksida yang digunakan untuk memutihkan gigi pada umumnya. 

Sementara, asam malat dapat menyebabkan erosi gigi. Pada beberapa penelitian, hal ini terjadi karena asam malat mengikat kalsium pada gigi. Hal ini menyebabkan enamel gigi lama-kelamaan akan larut, sehingga menyebabkan erosi gigi.

Jika Anda terlalu sering makan stroberi, maka akan mengakibatkan menurunnya pH di dalam mulut, sehingga memperparah kondisi enamel gigi. Hal inilah yang menyebabkan gigi ngilu bila menggunakan stroberi sebagai pemutih gigi.

1 dari 3 halaman

Hindari Ngilu, Ini Tips Putihkan Gigi dengan Stroberi

Agar tidak ngilu, jangan sembarangan pakai stroberi saat memutihkan gigi. Sebagai pilihan, coba campurkan stroberi dengan baking soda.

Cara ini diklaim dapat mengatasi perubahan warna gigi berkat asam elagat dan asam malat dari stroberi. Sedangkan, soda kue akan menghilangkan noda.

Stroberi memang dapat membersihkan noda di permukaan gigi dan membuatnya tampak lebih putih. Tetapi, penelitian menunjukkan stroberi dan soda kue memiliki efek kurang maksimal pada enamel. Selain itu, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan gigi. 

Untuk memutihkan gigi dengan campuran stroberi dan soda kue, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Hancurkan buah stroberi, campurkan dengan soda kue.
  2. Oleskan campuran tersebut ke gigi, sikat perlahan. Lalu, bilas gigi.
  3. Sikat gigi Anda kembali dengan pasta gigi, bilas dengan air bersih.

Batasi penggunaannya 1-2 kali seminggu.

Artikel lainnya: Apakah Efektif Memutihkan Gigi dengan Charcoal?

2 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi yang Lebih Aman

Memutihkan gigi dengan stroberi sah-sah saja, namun tidaklah efektif. Oleh karena itu, Anda juga dapat menggunakan cara-cara lain, yaitu:

  1. Pemutihan Gigi oleh Dokter Gigi

Perawatan pemutihan dengan bantuan dokter gigi memiliki hasil yang dapat terlihat dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh konsentrasi hidrogen peroksida di dalam produk yang lebih besar. 

Dokter gigi biasanya juga menggunakan pengaplikasian cahaya saat mengaplikasikan produk pemutih ke gigi untuk mempercepat prosesnya.

  1. Pemutihan Gigi di Rumah

Memutihkan gigi juga bisa dilakukan di rumah, kok! Pakai produk pemutih gigi yang dijual bebas untuk mengatasi noda pada gigi. Tapi, kandungan pemutihnya jauh lebih sedikit dibanding produk yang dipakai dokter gigi. 

Selain itu, produk pemutih gigi yang dijual bebas hanya bisa menghilangkan noda ekstrinsik (di permukaan) saja. Waktu yang dibutuhkan pun lebih lama hingga gigi menjadi putih.

Walaupun pemutihan gigi dianggap aman, namun gigi bisa menjadi lebih sensitif setelah perawatan. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk mengetahui kondisi gigi Anda sebelum melakukan perawatan pemutihan gigi. 

Bila ingin konsultasi awal ke dokter gigi lebih mudah, pakai Live Chat dari KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar