Sukses

Bolehkah Makan Sebelum Olahraga?

Benarkah tubuh memerlukan asupan energi yang tinggi dari makanan atau minuman sebelum olahraga?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk aktivitas fisik orang dewasa (18–64 tahun) adalah 150 menit aktivitas fisik sedang atau 75 menit aktivitas fisik berat, dalam satu minggu.

Supaya dapat berolahaga dengan baik, tubuh membutuhkan energi yang cukup. Karena itu, memastikan bahwa tubuh mendapatkan asupan energi yang tepat adalah hal penting. Jurnal Nutrients, 2014, merekomendasikan konsumsi makanan atau minuman sumber energi yaitu 1–2 jam sebelum olahraga.

Menurut dr. Jessica Florencia, asupan seperti susu, buah, sereal, dan sports bar dengan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup akan membantu menyediakan energi untuk tubuh saat olahraga. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari kelelahan berlebihan, pingsan, lemas, dan cedera saat olahraga.

Namun, bagaimana dengan minuman berenergi dan minuman khusus olahraga yang tinggi gula? Apakah kedua jenis minuman tersebut baik dikonsumsi sebelum olahraga?

Journal of Sports Science, 2004, menyebutkan bahwa tubuh memang membutuhkan asupan gula untuk sumber energi. Namun, asupan gula sederhana seperti pada minuman berenergi hanya akan bertahan sebentar.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, minuman tersebut cenderung membuat tubuh cepat lemas. Untuk itu, pilihan yang tepat adalah karbohidrat kompleks seperti pada sereal dan sports bar.

Australian Sports Association juga menekankan, seseorang perlu membatasi konsumsi makanan ringan sebelum olahraga guna meningkatkan stamina dan menurunkan berat badan. Kata dr. Jessica, hal tersebut penting agar tubuh dapat membakar lemak secara optimal.

Jadi, konsumsilah makanan serta minuman yang sehat dan rendah gula sebelum olahraga. Bila gemar menyeruput kopi sebelum olahraga sebagai penambah semangat, pilihlah kopi dengan kandungan gula lebih sedikit. Jadi tubuh tidak mengonsumsi gula melebihi batas maksimal asupan gula harian.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar