Sukses

Agar Bebas Pegal, Perhatikan Posisi Duduk yang Benar

Bagaimana posisi duduk yang tepat agar tak terserang pegal dan masalah kesehatan lainnya?

Klikdokter.com, Jakarta Bekerja selama delapan jam sehari dengan posisi duduk yang salah tak hanya bikin pegal. Anda juga berisiko terkena gangguan pada tulang belakang.

Posisi duduk, sebagaimana posisi berdiri dan berjalan, akan memengaruhi postur tubuh Anda. Postur tubuh yang baik akan membuat otot, ligamen, serta sendi bersama-sama bekerja secara maksimal saat digerakkan.

Agar tak terkena gangguan kesehatan, berikut ini posisi duduk yang benar yang perlu Anda ketahui:

  1. Duduk dengan posisi paha menempel pada kursi dan bokong menyentuh belakang kursi. Punggung lurus hingga bahu dengan kelengkungan di daerah pinggang, sehingga Anda dapat meletakkan bantal untuk mengganjal.
  2. Sama seperti berjalan, saat duduk pun berat tubuh harus dipusatkan pada kedua bokong. Jangan condong ke kiri atau ke kanan.
  3. HIndari membungkuk; bahu harus tegap.
  4. Lutut diletakkan sejajar dengan pinggul, hindari kaki menyilang.
  5. Ubah posisi duduk setiap 30 menit. Bila Anda pekerja kantoran yang delapan jam duduk di depan komputer, sebaiknya lakukan stretching (berdiri, meregangkan tubuh sesaat, atau berjalan).
  6. Untuk mengetahui posisi terbaik saat duduk, pertama-tama duduklah di ujung belakang kursi, kemudian bungkukkan tubuh dalam-dalam. Lalu, angkat tubuh sambil membuat lengkungan dengan pusat di pinggang; lakukan sejauh mungkin ke depan. Setelah itu, kendurkan posisi tersebut ke belakang sekitar 10–20 derajat. Itulah posisi duduk terbaik Anda.
  7. Bagi Anda yang bertubuh mungil atau menggunakan sepatu hak tinggi sehingga merasa dudukan kursi terlalu tinggi, penggunaan pengganjal kaki dapat membantu menyalurkan beban dari tungkai.
  8. Jika ingin mengambil sesuatu yang berada di samping atau di belakang, jangan memuntir punggung Anda. Putarlah keseluruhan tubuh sebagai satu kesatuan.

Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya kelainan tulang belakang. Lakukanlah peregangan teratur dan konsumsi air putih yang cukup untuk mencegahnya. Tentunya pekerjaan akan lebih mudah dilakukan jika Anda sehat, bukan? Anda juga akan lebih fokus untuk bergerak maju, mencapai segala keinginan dan impian. Semoga membantu!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar