Seks

10 Alasan Kenapa Wanita Susah Orgasme, Pasutri Harus Tahu!

Siti Putri Nurmayani, 26 Okt 2023

Ditinjau Oleh dr. Theresia Yunita

Ternyata, tidak semua wanita bisa mengalami orgasme dengan mudah. Kelelahan dan kurangnya pemanasan bisa menjadi penyebab wanita sulit orgasme.

10 Alasan Kenapa Wanita Susah Orgasme, Pasutri Harus Tahu!

Sering kali, wanita lebih sulit untuk orgasme dibanding pria. Keluhan ini bisa dialami, baik ketika berhubungan intim maupun saat masturbasi. Meski beberapa wanita tidak memerlukan orgasme untuk menikmati seks, namun bagi wanita lain dan pasangannya merasa kondisi ini merupakan masalah yang besar.

Menurut dr. Karin Wiradarma, ada berbagai hal kompleks yang harus dipenuhi jika seorang wanita ingin meraih orgasme. Sayangnya, terdapat banyak hal yang bisa mengganggu dan memengaruhi keberhasilan wanita untuk mencapai orgasme.

Lantas, apa sebenarnya penyebab wanita sulit orgasme

1. Stres Fisik

Kelelahan fisik menjadi salah satu penyebab paling sering yang mengganggu wanita untuk mencapai orgasme. Pasalnya, ibu rumah tangga maupun wanita karier memiliki segudang aktivitas dan tugas yang harus dilakukan setiap harinya.

“Setelah beraktivitas seharian, energi yang tersisa untuk berhubungan seksual pun berkurang,” tutur Dokter Karin.

2. Stres Psikis

Berbeda dengan pria, wanita biasanya lebih mudah untuk mengalami stres psikologis. 

Perasaan marah, sedih, atau gelisah akibat suatu masalah atau pre-menstrual syndrome (PMS) menjelang menstruasi bisa memengaruhi stres psikologis.

3. Obat-Obatan

Obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab wanita kesulitan orgasme. Contohnya, obat darah tinggi, obat depresi, dan pil KB yang bisa memengaruhi hormon dalam tubuh.

Oleh karenanya, dianjurkan untuk mengetahui efek samping dari obat yang dikonsumsi, karena bisa saja obat tersebut dapat membuatmu kesulitan mencapai orgasme.

4. Trauma Psikis

Trauma psikis yang didapatkan di masa lalu bisa membuat seorang wanita sulit untuk mencapai orgasme.

Beberapa trauma psikis, seperti pemerkosaan, pelecehan, atau pengalaman berhubungan intim yang tidak menyenangkan dapat menjadi halangan untuk meraih orgasme.

5. Kurang Fokus

Kurang fokus juga bisa menyebabkan sulitnya mencapai orgasme pada wanita. Pasalnya, pikiran dapat memengaruhi respons seksual pada wanita.

Berdasarkan saran dari Cleveland Clinic, ada baiknya untuk menjaga pikiran agar tetap jernih dan fokus.

Artikel Lainnya: Penyebab Disfungsi Seksual pada Wanita

6. Kurang Pemanasan

Penyebab umum masalah orgasme pada wanita adalah kurangnya pemanasan sehingga tidak mendapatkan rangsangan yang cukup.

Pemanasan atau foreplay merupakan hal penting dalam hubungan seksual. Oleh karenanya, coba minta kepada pasangan untuk memberikan rangsangan di area-area sensitif.

7. Tidak Menemukan Zona Sensitif

Berkurangnya Gairah Seksual

Seorang wanita mungkin tidak bisa mencapai orgasme karena tidak mengetahui letak zona sensitif. Padahal, area tersebut merupakan lokasi di mana tubuh membuat cairan orgasme mengalir. 

Untuk mendapatkan kenikmatan seksual yang lebih besar, coba berikan stimulasi pada g-spot atau klitoris.

8. Kurang Percaya Diri

Kurang percaya diri juga bisa mengakibatkan seorang wanita sulit untuk mencapai orgasme. 

Misalnya, seseorang yang merasa dirinya tidak cantik atau seksi terkadang kesulitan untuk mengekspresikan diri terhadap pasangan, sehingga orgasme pun sulit untuk diperoleh.

Artikel Lainnya: Alasan Wanita Terlihat Lebih Cantik Setelah Berhubungan Seks

9. Ada Masalah dalam Hubungan

Terkadang, adanya masalah dalam hubungan juga bisa membuat wanita sulit untuk mencapai orgasme. 

Padahal, kunci penting untuk menikmati hubungan seksual adalah komunikasi dan ikatan yang terjalin dengan pasangan.

10. Kelainan Organ Tubuh

Meski jarang terjadi, namun kelainan organ tubuh juga bisa menyebabkan seseorang sulit untuk mencapai orgasme.

Kelainan organ tubuh ini bisa disebabkan oleh cedera, infeksi, atau pembedahan. Tak jarang, ini juga bisa menyebabkan wanita kurang percaya diri dan semakin sulit untuk orgasme.

Bila kamu mengalami kesulitan orgasme, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter untuk mengatasinya. Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi yang satu ini. Yuk, segera konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter dan Temu Dokter

Tak lupa, #JagaSehatmu dan tetap menjaga stamina dengan rutin olahraga, konsumsi makanan sehat, dan cukup istirahat, ya!

(NM)

Sulit Orgasme

Konsultasi Dokter Terkait