Sukses

6 Tanda Tubuh Anda Kurang Vitamin E

Inilah tanda-tanda yang harus Anda kenali saat tubuh kekurangan vitamin E.

Klikdokter.com, Jakarta Vitamin E adalah salah satu vitamin yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena memiliki sifat antioksidan, vitamin E dapat menjadi benteng pertahanan tubuh untuk mencegah terjangkitnya penyakit kronis dan akut.

Orang-orang yang paling berisiko kekurangan vitamin E antara lain adalah para lanjut usia, bayi prematur, mereka yang memiliki penyerapan lemak abnormal dan mereka yang sedang melakukan diet rendah lemak.

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin E.

  1. Terganggunya sistem imun

    Kekurangan vitamin E dapat menghambat respons sistem kekebalan tubuh terhadap zat berbahaya yang memicu berbagai penyakit. Akibatnya, orang yang mengalami kekurangan vitamin E lebih sering sakit dan perlu waktu lebih lama untuk sembuh.

  2. Masalah penglihatan

    Dalam penelitian eksperimental, vitamin E terbukti dapat mencegah dan memperlambat perkembangan degenerasi macula, yakni penurunan kemampuan Anda dalam memandang lurus ke depan. Vitamin E sendiri berfungsi untuk melindungi mata. Oleh karena itu, kekurangan vitamin E otomatis dapat menghambat kemampuan penglihatan Anda.

  3. Otot melemah

    Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan otot menjadi rapuh. Hal ini disebabkan karena radikal bebas yang berhasil menyerang inti sel otot. Secara fisiologis, vitamin E mempunyai tugas untuk memastikan membran plasma, yang merupakan komponen penting untuk perbaikan otot, dapat bekerja dengan baik.

  4. Degenerasi saraf

    Secara neurologis, kekurangan vitamin E dapat mempengaruhi sistem saraf Anda. Kadar vitamin E yang tidak memadai dapat menyebabkan degenerasi saraf pada tangan dan kaki yang berujung pada gangguan refleks terhadap sesuatu dan kehilangan keseimbangan tubuh.

  5. Menurunnya kemampuan kognitif

    Pada dasarnya otak adalah organ yang sensitif terhadap efek radikal bebas dan stres oksidatif, yakni kondisi jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

    Berkurangnya kadar vitamin E di tubuh, bisa memengaruhi fungsi otak. Sementara itu, seseorang yang memiliki kadar vitamin E yang tinggi menunjukan fungsi otak yang dapat bekerja lebih baik.

  6. Masalah kulit dan rambut rontok

    Selaput tertentu pada kulit rentan terhadap radikal bebas, terutama lipid (zat lemak) pada sel kulit. Lipid kulit rentan terhadap kerusakan internal maupun eksternal, terutama dari paparan sinar UV dan polutan. Sebagai antioksidan yang larut dalam lemak, vitamin E sangat efektif dalam menangkal potensi kerusakan lipid kulit.

Meskipun kekurangan vitamin E dapat segera dipulihkan, namun jika dibiarkan terlalu lama dan mencapai tahap lanjut, tubuh Anda berisiko terkena komplikasi penyakit lain yang mungkin lebih berbahaya.

Setelah mengenali tanda-tanda kekurangan vitamin E di atas, Anda disarankan untuk memperbanyak asupan makanan yang menjadi sumber vitamin E, seperti bayam, alpukat dan brokoli. Mulai sekarang, jangan lupa ya untuk memasukkan sumber vitamin E dalam menu harian Anda!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar