Sukses

Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Sinar Matahari

Sinar matahari adalah sumber vitamin D bagi tubuh. Bagaimana jika tubuh kekurangan hal satu ini?

Klikdokter.com, Jakarta Sinar matahari adalah sumber vitamin D bagi tubuh. Ada segudang manfaat yang bisa Anda ambil dari paparan sinar matahari, sebagai sumber vitamin D alami.

Namun, banyak orang yang memilih untuk menghindari paparan sinar matahari. Alasannya karena terlalu panas dan tidak nyaman. Lalu, apa yang mungkin akan terjadi pada tubuh jika jarang terpapar sinar matahari?

  1. Kemungkinan Depresi

    Paparan sinar matahari merangsang tubuh untuk melepaskan hormon serotonin. Hormon ini berkaitan langsung dengan proses peningkatan suasana hati (mood) seseorang.

    Selain itu, serotin juga dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan fokus. Tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin ini akan menurun sehingga dapat membuat mood ikut menurun.

  2. Masalah Jantung

    Vitamin D yang diproduksi tubuh berperan untuk melindungi diri dari beberapa jenis penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung. Dan tentu saja, tanpa sinar matahari, tubuh akan kesulitan memproduksi vitamin D.

    Sinar ultraviolet ini berperan untuk mengatur tekanan darah. Dengan demikian saat tubuh kekurangan sinar matahari, maka akan semakin rentan terserang masalah kardiovaskular.

  3. Osteoporosis

    Vitamin D yang berasal dari sinar matahari berperan besar dalam menjaga kesehatan tulang. Dengan kadar yang cukup, vitamin D dapat menjaga Anda dari serangan osteoporosis dan kelainan tulang lainnya. Jadi sudah tahu, kan, apa yang akan terjadi pada tulang jika Anda jarang terkena sinar matahari?

Untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari, tentunya Anda perlu memperhatikan kadar sinar matahari yang sesuai. Sebab sengatan matahari selalu dikaitkan dengan masalah kanker kulit. Dan nyatanya terlalu banyak terpapar sinar matahari pun tak baik untuk kesehatan kulit.

Hindarilah paparan sinar matahari sekitar pukul 10 pagi hingga 4 sore. Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa 5 sampai 15 menit sinaran matahari di lengan, tubuh dan wajah Anda dalam 3 kali seminggu sudah cukup untuk memperoleh manfaat dari vitamin D.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan limpahan vitamin D dari sinar matahari pada waktu yang tepat, untuk kesehatan Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar