Sukses

Banyak Berkeringat Saat Olahraga Tanda Lemak Terbakar?

Sebagian besar orang berpikir bahwa mengeluarkan banyak keringat saat olahraga pertanda lemak terbakar. Benarkah hal itu?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga kerap dilakukan seseorang dengan tujuan untuk membakar timbunan lemak di tubuh. Namun, melakukan olahraga bahkan sampai tubuh mengeluarkan banyak keringat bukan pertanda lemak Anda terbakar.

Tahukah Anda bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, lemak, otot dan organ? Hampir 60% komposisi dari tubuh orang dewasa merupakan air. Sebagai contoh, apabila berat badan Anda 60 kilogram maka 36 kilogramnya adalah air.

Saat berolahraga, Anda mengeluarkan banyak keringat. Jika kemudian Anda menimbang berat badan dan angka di timbangan turun, maka kemungkinan besar yang berkurang adalah jumlah air dalam tubuh Anda. Maka dalam hal ini, bisa dipastikan bahwa berkeringat banyak belum tentu lemak di tubuh Anda yang terbakar.

Untuk terjadi pembakaran lemak dalam tubuh, Anda tidak harus melakukan olahraga hingga berkeringat luar biasa, seperti menggunakan baju yang tebal dan lari panas-panasan. Olahraga yang dilakukan selama berjam-jam juga belum tentu dapat membakar lemak Anda. Tapi, cukup dengan melakukan olahraga 15 menit saja namun tepat, lemak bisa banyak yang terbakar.

Dalam hal ini, Anda perlu tahu bahwa urutan penggunaan energi oleh tubuh manusia untuk beraktivitas dimulai dari gula, lalu lemak, dan terakhir adalah protein dari otot. Maka ketika Anda melakukan olahraga yang membutuhkan energi besar seperti HIIT (High Interval Intensity Training), angkat beban, body combat, sprint, dan lain-lain, lemak dapat terbakar secara efektif. Mengapa? Karena membutuhkan energi yang tidak sedikit, dan tubuh mengatasinya dengan mengambil 2 sumber energi utama yaitu gula dan lemak di tubuh.

Jadi banyak berkeringat saat olahraga bukan berarti lemak tubuh yang terbakar, melainkan hanya berat air yang hilang dari tubuh. Namun, dengan memilih olahraga yang tepat dan dilakukan dengan benar, meskipun hanya 15 menit, lemak dalam tubuh pun bisa terbakar.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar