Sukses

Dosis Vitamin C yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Konsumsi vitamin C berlebih bisa membahayakan ibu hamil. Ketahui selengkapnya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki masa kehamilan, memperoleh nutrisi yang tepat wajib dilakukan demi menjaga perkembangan janin yang sehat. Salah satu nutrisi yang baik untuk ibu hamil adalah vitamin C. Akan tetapi, meski vitamin C bermanfaat untuk tubuh, konsumsi vitamin C untuk ibu hamil harus sesuai dengan asupan harian yang semestinya.

Jika ibu hamil mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang besar, ini akan berdampak negatif terhadap perkembangan tumbuh kembang bayi. Jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 85 miligram (mg) per hari.

Namun, jumlah kebutuhan vitamin c harian maksimum yang masih dianggap aman adalah 2.000 mg per hari. Namun, dengan catatan semua suplemen vitamin C harus disetujui oleh dokter kandungan.

Selain asupan suplemen, ibu hamil juga harus mempertimbangkan makanan yang dikonsumsinya. Beberapa orang yang mengonsumsi 500 mg makanan yang mengandung vitamin C dalam sehari dapat menyebabkan kram dan diare.

Diare selama kehamilan bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini tentunya dapat menimbulkan ancaman besar bagi kesehatan ibu dan bayi.

Selama kehamilan, tubuh memang membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk menunjang perkembangan janin dan menjaga kondisi tubuh.

Karena itu, Anda juga harus perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • RDA (Recommended Daily Allowance), yaitu berapa dosis vitamin harian yang dianjurkan bagi kebanyakan orang pada umumnya.
  • Jumlah asupan maksimal yang dapat ditolerir atau dikonsumsi setiap hari tanpa menimbulkan risiko kesehatan atau efek samping.
  • Toksisitas vitamin, yaitu melihat kemungkinan overdosis atau efek interaksi jika mengonsumsi beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin A, B6, C, D atau niasin.

Vitamin C untuk ibu hamil memang sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Namun, Anda juga harus tetap waspada dengan beragam resiko bila mengonsumsinya secara berlebihan, atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar