Sukses

Kiat Rambut Bebas Ketombe untuk Wanita Berhijab

Wanita berhijab sering mengeluhkan masalah rambut rontok dan berketombe. Bagaimana solusinya?

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya merusak penampilan, ketombe di kepala terkadang membuat Anda sangat gemas dan kesulitan mengontrolnya. Sebab ketombe biasanya juga disertai dengan rasa gatal di kulit kepala.

Pada wanita berhijab, kemungkinan kulit kepala berketombe semakin meningkat, karena kondisi kepala yang tertutup sepanjang hari.

Ketombe biasanya ditandai dengan kulit kepala berminyak, bintik putih di sekitar rambut hingga kepala terasa gatal. Ada beberapa faktor yang biasa menjadi penyebab ketombe seperti kulit kering, iritasi, jarang keramas, dan salah memilih produk pembersih rambut.

Mengutip mayo clinic, untuk mengobati dan menghindari ketombe, harus dimulai dengan kebiasaan dan pemilihan perawatan bagi rambut. Faktor-faktor seperti produk sampo dan jenis kain pada wanita berhijab akan sangat memengaruhi kesehatan rambut Anda.

Selain itu, lakukan hal berikut ini agar rambut Anda terbebas dari ketombe:

  1. Mengelola stres

    Terlalu banyak pikiran atau stres akan dapat memengaruhi kesehatan Anda, tak terkecuali kesehatan rambut dan kulit kepala. Stres dapat memicu ketombe dan memperburuk gejala yang ada.

    Selain menghindari stres, Anda pun harus mengurangi stres pada rambut dan kulit kepala. Seperti tidak menggunakan dalaman hijab yang terlalu ketat, atau memilih kain hijab yang mudah menyerap keringat.

  2. Sinar matahari

    Selalu sempatkan kepala Anda untuk mendapat paparan sinar matahari di pagi hari. Setelah keramas, sebelum kembali menggunakan hijab sepanjang hari, Anda harus benar-benar mengeringkan rambut. Cobalah untuk duduk di bawah jendela dan biarkan sinar matahari yang masuk ke kamar Anda ikut menerpa kulit kepala.

    Namun Anda harus memperhatikan dosis dari sinar matahari ini. Sebab terlalu banyak terpapar sinar matahari pun tak baik. Karena paparan sinar ultraviolet berlebih dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

  3. Memilih sampo yang tepat

    Jika kulit Anda cenderung berminyak, itu akan semakin cepat memicu ketombe. Untuk menyiasatinya cobalah untuk keramas setiap hari, agar minyak tak bertumpuk di kulit kepala. Anda juga harus menggunakan produk sampo yang sesuai untuk kulit kepala Anda, terlebih jika memiliki kulit kepala yang sensitif.

    Ada beberapa jenis sampo yang memiliki kandungan ampuh untuk mengusir ketombe. Seperti sampo seng Pyrithione. Jenis sampo ini mengandung zat antibakteri dan antijamur zinc pyrithione yang berfungsi mengurangi jamur di kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe.

Memiliki rambut sehat dan bebas ketombe merupakan idaman semua orang. Sebab itu, lakukan kiat sederhana yang telah dijelaskan di atas agar masalah ketombe yang Anda alami bisa teratasi, dan Anda pun bisa memakai hijab dengan nyaman.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar