Sukses

Alami 5 Kondisi Ini? Awas, Anda Sedang Stres Berat

Apakah Anda sedang stres berat? Cari tahu tanda-tandanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah dihadapkan dengan stres. Kondisi ini kerap disebabkan oleh hubungan yang kurang harmonis, beban pekerjaan, masalah kesehatan tertentu, atau kurang piknik.

Stres merupakan kondisi yang tidak bisa dianggap remeh. Kondisi ini dapat berakibat pada sederet penyakit berbahaya. Bahkan bisa berujung pada bunuh diri mendadak gara-gara depresi.

Beberapa tanda dan gejala dari seseorang yang mengalami stres, antara lain:

  1. Gangguan tidur

    Salah satu tanda bahwa kesehatan mental Anda memerlukan perhatian adalah gangguan tidur. Ini karena tidur adalah barometer untuk melihat keadaan pikiran dan tubuh seseorang.

  2. Tidak menikmati kehidupan

    Jika Anda mulai tidak menikmati aktivitas sehari-hari, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda telah memasuki stres tahap empat, yaitu gangguan cemas.

  3. Mudah marah

    Jika Anda terlalu baper alias terbawa perasaan terhadap sifat negatif pasangan, keluarga, atau rekan kerja lebih dari biasanya, bisa jadi Anda sedang mengalami stres tingkat tinggi.

    Jika Anda sudah makan, cukup tidur dan tidak dalam kondisi mabuk, namun tetap mendapati diri terus merasa jengkel dengan semua keadaan, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang berjuang melawan stres dan gangguan kepribadian.

  4. Mudah lelah

    Orang stres bisa dikenali salah satunya dengan badan yang terlihat lemas dan tidak dapat berpikir atau bergerak secepat biasanya. Selain itu, seseorang yang menderita stres juga berisiko untuk mengalami kelelahan emosional.

  5. Sulit berkonsentrasi

    Stres membuat perubahan nyata dalam hidup, karena keluhan ini membuat pikiran Anda tidak berjalan dengan semestinya. Di samping itu, stres juga membuat Anda sulit untuk fokus, yang pada akhirnya akan menyulitkan Anda untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

    Semakin banyak Anda memikirkan sesuatu, semakin sulit Anda untuk konsentrasi. Jika stres sudah berpengaruh terhadap tubuh hingga mengakibatkan sakit kepala, kaku pada leher, dan jantung berderbar, maka hal ini akan semakin menurunkan tingkat konsentrasi dan kualitas hidup Anda.

Demikian lima tanda bahwa Anda sedang diselimuti oleh stres. Segera lakukan tindakan, agar kondisi itu tidak menyeret Anda pada hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter atau psikiater, agar beban pikiran terkait stres bisa segera teratasi.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar