Perawatan Wanita

Vitamin Penting untuk Kesehatan Payudara

dr. Arina Heidyana, 09 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kesehatan payudara dapat dijaga melalui konsumsi vitamin yang tepat. Apa saja vitamin yang baik untuk payudara?

Vitamin Penting untuk Kesehatan Payudara

Sebagian besar wanita ingin memiliki payudara yang besar. Berbagai macam metode ditempuh untuk mewujudkannya. Karena terlalu fokus pada ukuran, banyak wanita yang mengabaikan kondisi kesehatan payudaranya.

Padahal, infeksi payudara, kendur dini, kanker payudara, serta masalah saat menyusui adalah beberapa penyakit payudara yang bisa terjadi pada wanita. 

Nah, agar bagian tubuh ini tetap sehat, ada beberapa vitamin untuk payudara yang perlu diketahui setiap wanita.

Berikut ini adalah daftar vitamin untuk membantu payudara Anda semakin sehat.

1. Vitamin A

Vitamin untuk payudara yang pertama adalah vitamin A, yang mampu melindungi bagian tubuh ini dari radikal bebas. 

Bentuk awal dari vitamin A, yaitu beta-karoten, merupakan salah satu antioksidan yang penting bagi payudara dan bahkan seluruh tubuh Anda. 

Menurut penelitian, antioksidan ini tampak paling efektif pada wanita yang memiliki banyak faktor risiko tinggi untuk kanker payudara.

Vitamin ini mampu membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak dan meningkatkan regenerasi sel. Dengan mengonsumsi vitamin A, tubuh Anda akan menambah produksi kolagen.

Beta-karoten bisa Anda dapatkan pada sayur dan buah-buahan berwarna cerah, seperti wortel, paprika, tomat, labu, bayam, kangkung, atau brokoli.

Artikel lainnya: Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Payudara

2. Vitamin B6

Vitamin B6 dinilai baik untuk mencegah kanker payudara. 

Penelitian menyebut bahwa wanita dengan kadar vitamin B6 yang tinggi memiliki risiko kanker payudara sekitar 30% lebih rendah, dibandingkan mereka yang memiliki kadar nutrisi ini dalam jumlah rendah. 

Agar vitamin untuk payudara ini terpenuhi kadarnya di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B6, seperti alpukat, pisang, ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C

Vitamin C menawarkan banyak manfaat seperti halnya vitamin A dan B6, tetapi vitamin C memiliki manfaat secara langsung untuk memengaruhi kesehatan payudara. 

Vitamin C membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Konsumsi vitamin C juga membuat jaringan di payudara terhidrasi dengan baik dan mengurangi risiko kanker payudara. 

Selain itu, mengonsumsi vitamin C meningkatkan kesehatan kulit serta sirkulasi dan regulasi produksi kolagen, sehingga payudara Anda juga dapat tetap kencang.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, paprika merah, sayuran hijau, brokoli, jambu, stroberi, dan jeruk bali.

Artikel lainnya: Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

4. Vitamin D

Vitamin penting berikutnya untuk payudara adalah vitamin D. Wanita dengan kadar vitamin D yang rendah lebih mudah terkena kanker payudara. 

Sementara itu, pasien yang menderita kanker payudara dengan kadar vitamin D yang tinggi, memiliki angka kematian yang lebih rendah sebanyak 50 persen.

Metabolisme vitamin D meningkatkan komunikasi antara sel dengan mengaktifkan protein yang menghentikan pembelahan sel yang agresif. Selama adanya reseptor vitamin D, pertumbuhan tumor dapat dicegah dari penyebaran suplai darah.

Sumber vitamin D terbaik adalah dari sinar matahari. Oleh karena itu, janganlah malas berjemur di pagi hari. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari jamur, ikan, minyak ikan, kuning telur,  dan hati sapi.

5. Vitamin E

Vitamin E dipercaya dapat meningkatkan kesehatan payudara dan mencegah pertumbuhan fibroid di jaringan payudara dengan cara menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron.

Di samping itu, vitamin E bermanfaat untuk mencegah komplikasi pada kehamilan lanjut karena tekanan darah tinggi (preeklampsia), sindrom pramenstruasi (PMS), dan sindrom menopause.

Makanan yang kaya vitamin E terdapat pada kacang almond, bayam, alpukat, ikan, dan biji bunga matahari.

Itulah lima vitamin yang baik untuk payudara, dan perlu dicukupi kebutuhannya oleh setiap wanita. Tidak hanya untuk kesehatan payudara, vitamin-vitamin tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Nah, jika ingin menjaga kesehatan payudara, masukkan makanan-makanan yang mengandung vitamin tersebut ke dalam menu harian Anda. Selamat mencoba!

Jika ingin tahu informasi lainnya mengenai kesehatan payudara, Anda bisa membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

[RS]

vitaminPayudara

Konsultasi Dokter Terkait