Sukses

Kiat untuk Mengusir Pikiran Negatif di Kepala Anda

Pikiran negatif bisa mengundang kecemasan dan berbagai hal buruk lain. Bagaimana mengusirnya? Simak cara menghilangkan pikiran negatif di sini.

Terkadang pikiran negatif bisa muncul begitu saja tanpa bisa dicegah. Semakin mencoba mengabaikan pikiran negatif tersebut, semakin sering Anda memikirkannya. Tanpa sadar, pikiran negatif yang tidak diatasi dengan baik bisa mengganggu target-target Anda, baik personal maupun pekerjaan.

Pada beberapa kasus bahkan, pikiran negatif bahkan bisa menyebabkan depresi kronis. Itu sebabnya, sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan pikiran negatif.

Berikut beberapa cara menghilangkan negative thinking yang bisa dilakukan:

1 dari 4 halaman

1. Kenali Pikiran Negatif Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali jenis pikiran negatif yang dimiliki, jangan mengindari atau berusaha melupakannya. Semakin Anda mengabaikan pikiran negatif tersebut, semakin sulit pikiran tersebut pergi.

Berusahalah berdamai dengan diri sendiri dan meluangkan waktu untuk bermeditasi. Hal tersebut untuk merenungi jenis pikiran negatif yang sedang dialami saat ini, apakah kelelahan, lapar, kecewa, stres, marah, atau pikiran negatif lainnya.

2. Masuklah ke Lingkungan Orang-orang yang Berpikiran Positif 

Jika Anda bergaul dengan penjual minyak wangi, paling tidak Anda akan mencium aroma harum dari mereka. Peribahasa tersebut dapat menggambarkan bagaimana lingkungan bergaul dapat memengaruhi kondisi Anda. 

Artikel lainnya: Sering Berpikiran Negatif? Awas Efek Nocebo!

Banyak bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif akan membantu Anda memiliki pemikiran yang positif. Hal ini sekaligus membantu Anda untuk mengatasi pemikiran negatif.

3. Tidak Perlu Mengharapkan Semuanya Akan Berjalan Sempurna

Mengharapkan semua hal berjalan sempurna dapat melemahkan bahkan menghilangkan makna kebahagiaan. Hal tersebut selanjutnya akan memberi tekanan besar pada diri sendiri. Jika tidak ditangani dengan baik, hal itu dapat menyebabkan stres hingga depresi.

Oleh karena itu, sisipkan satu ruang di hati Anda pada kemungkinan ketidaksempurnaan atau bahkan kegagalan. Ketika hal tersebut betul-betul terjadi, Anda telah siap dan tidak akan negative thinking berkepanjangan.

4. Mulai Pagi Hari dengan Positif

Cara mengusir pikiran negatif selanjutnya adalah memulai pagi dengan positif. Pagi hari adalah saat yang paling tepat untuk melakukan hal-hal positif. Selain pikiran masih segar, permulaan hari akan cukup menentukan mood dan pikiran di jam-jam berikutnya.

Jadi, mulailah pagi dengan positif, seperti bermeditasi selama beberapa menit, membaca, atau menonton video singkat yang dapat memberikan pikiran positif dan semangat. Jangan biarkan pagi Anda berlalu begitu saja.

Artikel lainnya: Keseringan Berpikiran Negatif Berisiko Sebabkan Demensia!

2 dari 4 halaman

5. Perbaiki Bahasa Tubuh

Ingin mengusir pikiran negatif? Coba perhatikan dulu bahasa tubuh Anda. Selain bisa bikin kurang pede alias percaya diri, gestur tubuh yang kurang tepat bisa menurunkan citra diri. 

Misalnya, usahakan untuk selalu duduk tegak, serta rajin-rajinlah tersenyum. Saat bahasa tubuh dan gestur sudah diperbaiki, niscaya pikiran negatif bisa diminimalkan.

6. Bicara kepada Orang Lain

Pada dasarnya, pikiran negatif dapat muncul karena ada emosi yang harus dan perlu dikeluarkan. Jangan pernah menyimpan masalah sendirian. Yakinlah, menyimpan masalah sendiri hanya akan memperburuk kondisi emosi dan pikiran Anda. 

Carilah orang yang dapat Anda percaya, seperti pasangan, orang tua, atau sahabat. Keluarkan semua perasaan yang dipendam selama ini.

Mungkin mereka tidak bisa memberikan solusi, tapi setidaknya Anda bisa mengeluarkan emosi terpendam, sekaligus memberikan ketenangan dan menghilangkan pikiran negatif.

7. Teguk Minuman Hangat

Negative thinking bisa terjadi karena banyak hal. Terkadang, Anda butuh waktu sejenak untuk rileks sambil menyeruput teh, kopi, matcha, ataupun minuman hangat lainnya. Hal ini rupanya signifikan dalam menekan pikiran buruk.

Menurut peneliti di Yale University, orang akan sedikit melupakan perasaan negatif ketika minum sesuatu yang hangat. Nah, cara menghilangkan pikiran negatif yang sungguh nikmat, kan?

Artikel lainnya: Toxic Positivity, Dampak Negatif Berpikir Positif

3 dari 4 halaman

8. Mengubah Situasi

Ketika Anda terjebak dalam situasi sulit, seperti beberapa jam tertahan di bandara, jangan memikirkan hal itu sebagai suatu musibah.

Lihat suatu hambatan sebagai peluang untuk menyelesaikan tugas yang tertunda dan menjadi lebih produktif. Ingat, segala sesuatu pasti ada sisi positifnya. 

9. Menulis

Menurut sebuah penelitian di Ohio State University, Amerika, Anda bisa menulis hal-hal negatif tentang diri sendiri di selembar kertas. Kemudian, buang kertas tersebut. 

Cara ini dipercaya bisa menumbuhkan perasaan positif, serta membuat perbedaan cara berpikir.

10. Masuk ke Akar Masalah

Kebanyakan pikiran negatif muncul akibat belum ditemukannya akar dari masalah tersebut. Anda hanya melihatnya secara superfisial dan tidak mendalam.

Olehnya itu, untuk mengatasi pikiran negatif, Anda harus mengidentifikasi dan menggali lebih dalam masalah yang dialami. Anda pun bisa mencari solusi dan menyelesaikan masalah tersebut.

Jangan sampai pikiran buruk menguasai kehidupan Anda. Lakukan 10 cara menghilangkan pikiran negatif di atas. Jika pikiran negatif sudah sangat mengganggu keseharian Anda, jangan ragu minta bantuan profesional, seperti psikolog.

Dapatkan informasi seputar kesehatan mental dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar

  • Salsya Khairunnisa

    Kalau stess nya gak bisa mengatur waktu disaat pekerjaan menumpuk. Dan akhirnya ngelakuin pekerjaan tersebut dengan beban yanv buruk..... Gimana ngatasinya dong?