HomePsikologiRelationship10 Ciri Pasangan Sudah Bosan dengan Kamu
Relationship

10 Ciri Pasangan Sudah Bosan dengan Kamu

Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog, 22 Jun 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rasa bosan dan jenuh yang muncul dalam hubungan merupakan tantangan bagi setiap pasangan. Cari tahu ciri-ciri pasangan sudah bosan di sini.

10 Ciri Pasangan Sudah Bosan dengan Kamu

Pastinya kita ingin memiliki hubungan yang langgeng dengan pasangan. Namun, menjalani hubungan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan kejenuhan yang memengaruhi kualitas hubungan, bahkan dapat memicu konflik.

Jenuh dalam menjalani sesuatu dalam waktu lama itu wajar. Oleh karena itu, perlu kesadaran, keinginan untuk terus memperbaiki dan menemukan cara mengatasi kejenuhan. Dengan begitu, rasa bosan tidak menjadi alasan perpisahan.

Jika rasa bosan dengan pasangan tidak diatasi, pasangan bisa saja berselingkuh atau muncul konflik lain. Karena itu, hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegahnya adalah mengenali berbagai ciri pasangan sudah bosan berikut ini:

1. Sering Ingkar Janji

Awas, Bertengkar dengan Pasangan Bisa Picu Penyakit (Syda-Productions/Shutterstock)

Menghabiskan momen bersama dalam waktu lama tanpa komunikasi yang sehat dan menyenangkan dapat memicu pasangan berbohong dan sering ingkar janji. 

Jika hal ini berlangsung terus-menerus, kamu perlu mengevaluasi komunikasi dan konflik yang mungkin selama ini dihindari.

Janji adalah komitmen yang dibuat dalam hubungan, sehingga menjadi indikator kuat untuk melihat ketertarikan atau kebosanan dalam hubungan. Jangan lupa apresiasi pasangan jika berhasil merealisasikan janjinya.

Artikel lainnya: Cara Membuat Pasangan Merasa Spesial

2. Melupakan Hal-Hal Penting

Kebosanan membuat pasangan tidak fokus pada sesuatu yang penting. Ia sudah menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa. Padahal, mengingat momen atau hal penting menunjukkan pasangan masih tertarik dan antusias menjalani hubungan.

Jika pasangan sudah mulai melupakan momen atau hal penting dalam hubungan, ini bisa menjadi ciri pasangan sudah bosan. Ingatkan pasangan secara halus dan tanyakan alasannya tanpa terburu-buru menghakimi atau memarahi.

3. Mendadak Sibuk

Si dia sering sulit dihubungi atau menghindari berkomunikasi? Hal ini bisa menjadi tanda lelaki bosan dengan kita. Sikap ini perlu disadari, apakah disebabkan konflik atau memang pasangan kehilangan kesenangan dalam berkomunikasi.

Namun, jangan terburu-buru menghakimi aktivitas pasangan. Ia sesekali juga butuh waktu sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan atau beristirahat. Memiliki me time dalam hubungan terbukti mampu menjaga hubungan agar tidak membosankan!

4. Lebih Sering Bersama Teman

Lebih Mendahulukan Teman Ketimbang Pasangan, Apa Sebabnya?

Memiliki hubungan pertemanan yang baik adalah salah satu bukti pasangan mampu menjaga hubungan interpersonal tetap terjalin. Hubungan pertemanan bisa menjadi sumber hiburan dan memperkuat relasi bagi pasangan.

Namun, waspadalah bila semakin ke sini pasangan lebih mengutamakan menghabiskan waktu dengan teman dibandingkan dengan kamu tanpa alasan jelas. Hal ini perlu dikomunikasikan agar tidak menjadi benih konflik atau pertengkaran.

Artikel lainnya: Lebih Mendahulukan Teman Ketimbang Pasangan, Apa Sebabnya?

5. Jaga Jarak 

Di awal menjalani hubungan, ada keinginan untuk selalu dekat dengan pasangan, baik secara fisik maupun dalam berkomunikasi. Nah, salah satu ciri wanita atau pria sudah bosan dengan pasangannya adalah ia akan menjaga jarak dalam segala hal.

Kamu dapat merasakannya dari menurunnya kualitas dan intensitas pasangan dalam memastikan kabar atau kondisi kamu. Komunikasikan kembali dengan pasangan seputar hal yang membuatnya tidak nyaman dalam hubungan saat ini untuk segera dibenahi.

6. Tidak Semangat Saat Bertemu

Bersikap ekspresif adalah bukti pasangan tertarik dan antusias menghabiskan waktu bersama. Pasangan akan merasa nyaman dan aman untuk mengekspresikan emosi atau pikirannya tanpa takut dihakimi.

Tidak hanya mengekspresikan kegembiraan atau hal-hal menarik, pasangan juga merasa nyaman menceritakan kekurangan atau kesulitannya. Jika pasangan semakin tertutup, ini bisa menjadi ciri-ciri wanita atau pria mulai bosan dengan pacarnya.

7. Tidak Tertarik Hal-Hal Baru

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Pasangan Anda sedang PMS! (Takayuki/Shutterstock)

Perlu waspada bila pasangan sering menolak atau tidak tertarik melakukan hal-hal baru yang kamu usulkan. Apalagi alasannya pun terkadang tidak masuk akal dan terkesan malas. Hal ini dapat menjadi ciri pasangan sudah bosan.

Coba tawarkan aktivitas atau sesuatu yang baru berdasarkan kesukaan pasangan atau hal yang dapat mendukung karier dan aktivitasnya saat ini. Tentu cara ini dilakukan dengan persetujuan bersama tanpa paksaan sepihak.

Artikel lainnya: Cara Mengetahui Love Language Pasangan Agar Hubungan Lebih Harmonis

8. Lebih Banyak Terpaku pada Ponsel Saat Bersama 

Antusiasme dan ketertarikan pasangan dapat dilihat dari bagaimana bahasa tubuhnya saat bersama kamu. Jika pasangan banyak bermain gadget saat bersama, hal ini dapat menjadi tanda pasangan bosan.

Jika pasangan lebih tertarik dengan ponselnya, coba temukan aktivitas yang bisa dilakukan bersama melalui ponsel agar komunikasi tetap terjalin. Misalnya, bermain game bersama atau mendengarkan musik yang sama.

9. Menghindari dan Menggampangkan Konflik

Perbedaan pendapat itu wajar dalam hubungan. Hal ini dapat membuat kamu dan pasangan memahami sudut pandang satu sama lain. Namun, jika pasangan mulai sering menghindari perdebatan, bisa jadi ia sudah bosan dengan kamu.

Pasangan cenderung langsung mengalah atau keras kepala agar kamu mengikuti keinginannya. Tidak ada lagi komunikasi untuk saling memahami dan menemukan jalan tengah dalam hubungan.

10. Mudah Marah pada Hal Sederhana

Kebosanan dapat dilihat dari respons pasangan terhadap hal sepele. Bila ia bosan, pasangan malah bisa menunjukkan reaksi yang berlebihan dibandingkan menemukan jalan keluarnya.

Artikel lainnya: 12 Ciri Pasangan Psikopat yang Harus Kamu Waspadai

Nah, setelah mengetahui ciri pasangan sudah bosan, utamakan komunikasi yang empatik dan introspeksi diri untuk menemukan jalan keluarnya. Turunkan ego sesaat untuk mengevaluasi hubungan agar kamu melihat sesuatu dari berbagai perspektif.

Menghabiskan waktu bersama dengan aktivitas baru pun harus atas kesepakatan bersama tanpa paksaan. Lalu, memberikan me time juga menjadi bukti kamu menyadari bahwa setiap orang tetap membutuhkan personal space.

Download aplikasi KlikDokter, temukan berbagai tips relationship penting untukmu dan si dia. Kamu juga bisa konsultasi dengan psikolog lebih mudah dan nyaman.

(FR/JKT)

Asmara

Konsultasi Dokter Terkait