Sukses

Tips Ampuh Mengatur Asupan Kalori Saat Diet

Sesuai namanya, saat diet rendah kalori Anda harus mengatur asupan kalori. Bagaimana cara mengatur kalori yang baik dan benar? Simak tipsnya di sini.

Ada banyak program diet yang menawarkan kemudahan untuk menurunkan  berat badan. Sayangnya, tidak semua orang cocok dengan program-program diet tersebut.

Diet yang baik harus memperhitungkan kebutuhan tubuh Anda. Diet akan sulit berhasil apabila Anda adalah orang yang sulit menolak makanan dan minuman favorit.

Namun dengan mengatur kalori yang masuk ke dalam tubuh, Anda sesekali masih bisa tetap mengonsumsi makanan dan minuman kesukaan Anda, lho! Agar diet yang dilakukan aman dan efektif, coba lakukan langkah-langkah berikut ini:

1 dari 4 halaman

1. Konsultasi dengan Ahli

Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari bervariasi, tergantung dari banyak hal, seperti usia, tinggi, berat badan (BB), dan seberapa aktif Anda. Perkiraan jumlah kalori yang dibutuhkan orang dewasa berkisar antara 1.600 sampai 2.400 kalori per hari.

Jika Anda tidak yakin berapa kalori yang Anda konsumsi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli diet atau dokter spesialis gizi.

2. Pastikan jumlah kalori

Agar berat badan bisa berkurang, Anda bisa melakukan diet rendah kalori. Diet ini mengharuskan Anda mengonsumsi makanan dan minuman dengan jumlah kalori sebanyak 1500 per hari.

Apabila per harinya Anda hanya mengonsumsi 1500 kalori, kemungkinan besar berat badan bisa berkurang mulai dari 0,5 sampai 1 kilogram dalam jangka waktu seminggu.

Artikel Lainnya: Tips agar Nasi Goreng Tidak Bikin Diet Rusak

2 dari 4 halaman

3. Hindari Minuman Manis

Minuman manis bisa menjadi salah satu pemicu berat badan naik. Kalori cair yang didapatkan dari minuman manis membuat otak tidak sadar bahwa sudah banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Sebab, kalori yang ada di dalam minuman manis tidak sama dengan kalori padat dari makanan. Akibatnya, tubuh tetap merasa lapar sehingga Anda terus mengonsumsi makanan lain.

4. Sayuran Hijau

Tidak ada yang lebih baik dari mengonsumsi sayuran hijau. Makanan yang satu ini bisa mendukung diet rendah kalori Anda agar lebih optimal. Salah satu contoh sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi adalah brokoli.

Dalam satu cangkir brokoli hanya terkandung 25 kalori. Itu artinya, Anda bisa menyantap lebih banyak porsi brokoli. Jika Anda tidak suka brokoli, pilih sayuran hijau lain yang rendah kalori, seperti asparagus, seledri, dan zucchini.

Artikel Lainnya: Cara Makan Buah yang Salah dan Bikin Gagal Kurus!

3 dari 4 halaman

5. Tingkatkan Aktivitas

Ketika kalori harian yang masuk ke dalam tubuh jumlahnya sudah berlebih, Anda bisa menguranginya dengan cara meningkatkan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang sehat dan ampuh membantu menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga.

Rutinlah berolahraga dengan target kalori tertentu. Olahraga dapat membantu tubuh membakar kelebihan kalori dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

6. Pilih Makanan dengan Kalori Lebih Rendah

Ketika sedang diet, makanan yang Anda konsumsi harus mengandung gizi seimbang agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi dengan baik. Jangan sampai Anda justru kekurangan gizi ketika sedang diet.

Untuk memenuhi hal tersebut, konsumsi makanan yang menyediakan kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral harian. Namun, pastikan juga makanan tersebut mengandung kalori yang rendah agar target Anda tercapai, ya.

Setiap orang tentunya ingin memiliki berat badan yang ideal. Karena berat badan ideal dapat menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan Anda. Nah, tips diet rendah kalori di atas, dapat dijadikan solusi untuk mewujudkan hal tersebut.

Untuk cari tahu informasi diet lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar