Sukses

4 Cara Mengatur Kalori Saat Diet

Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal? Mulai sekarang segera atur kalori harian Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak program diet yang bisa Anda jumpai dan menawarkan kemudahan dalam menurunkan berat badan. Sayangnya, tidak semua orang cocok dengan program-program diet tersebut. Diet yang baik harus diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Agar diet yang Anda lakukan aman dan efektif, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Konsultasi dengan ahli

    Jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari bervariasi tergantung pada banyak hal, termasuk usia, tinggi, berat badan dan seberapa aktif Anda. Perkiraan jumlah kalori berkisar antara 1.600 sampai 2.400 kalori per hari untuk orang dewasa. Jika Anda tidak yakin berapa kalori yang Anda konsumsi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli diet.

  2. Pastikan jumlah kalori

    Untuk menurunkan berat badan dengan diet rendah kalori Anda harus memastikan makanan yang dikonsumsi dalam satu hari hanya mengandung 1.500 kalori saja. Jika Anda melakukan diet rendah kalori dengan mengonsumsi makanan yang mengandung 1.500 kalori saja setiap hari, bisa dipastikan berat badan Anda dapat berkurang hingga 0,5 - 1 kilogram dalam seminggu.

  3. Hindari minuman manis

    Minuman manis bisa menjadi salah satu pemicu kenaikan berat badan. Kalori cair yang didapatkan dari minuman manis tidak membuat otak sadar bahwa sudah banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda. Ini karena kalori pada minuman manis tidak sama dengan kalori padat dari makanan. Akibatnya, Anda akan tetap lapar sehingga Anda akan tetap makan makanan lain.

  4. Sayuran Hijau

    Tidak ada yang lebih baik dari mengonsumsi sayuran hijau. Makanan yang satu ini bisa mendukung diet rendah kalori Anda agar lebih optimal. Satu cangkir brokoli hanya mengandung 25 kalori. Itu artinya, Anda bisa menyantap lebih banyak porsi brokoli. Jika Anda tidak suka brokoli, pilih sayuran hijau lain yang rendah kalori, seperti asparagus, seledri, dan zucchini.

Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Karena berat badan yang ideal akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan. Nah, resep diet rendah kalori di atas, dapat dijadikan solusi untuk mewujudkan hal itu. Selamat mencoba!

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar