Kesehatan Umum

Atasi Insomnia dengan Air Kelapa

Kartika Tarigan, 12 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda kerap mengalami insomnia? Air kelapa bisa menjadi solusinya.

Atasi Insomnia dengan Air Kelapa

Air kelapa murni (tanpa es dan sirup) yang didapatkan dari sebutir kelapa, terbukti dapat mengganti cairan tubuh dan menambah energi. Selain itu, air kelapa ternyata juga bisa membantu mengusir insomnia. Bagaimana caranya?

Meminum air kelapa murni dapat membebaskan Anda dari masalah tidur di malam hari alias insomnia. Sebab, air kelapa memiliki kandungan potasium dan magnesium, yang dapat membantu merelaksasi otot-otot Anda.

Selain itu, air kelapa murni juga mengandung sejumlah kecil vitamin B. Kandungan ini berfungsi untuk membantu menurunkan stres, sehingga tubuh merasa lebih tenang. Ketika otot-otot tubuh terasa relaks, Anda akan lebih cepat terlelap. Sehingga Anda pun bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Fakta menarik air kelapa

Di balik khasiat air kelapa murni yang dapat membantu mengatasi insomnia, ternyata tersimpan sejumlah fakta menarik. Salah satunya, selain menyegarkan air kelapa rendah kalori. Mengutip situs Live Strong, setiap satu cangkir air kelapa murni hanya mengandung sekitar 46 kalori.

Air kelapa murni bisa dipilih sebagai alternatif untuk menggantikan minuman bersoda atau minuman yang mengandung banyak gula. Jadi Anda bisa meminum air kelapa murni tanpa khawatir mengalami peningkatan berat badan.

Selain itu, air kelapa murni ternyata ampuh untuk memerangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dimuat di dalam Journal of Medicinal Food telah membuktikan hal tersebut.

Para peneliti telah melakukan penelitian terhadap tikus yang diberi air kelapa. Tikus percobaan tersebut diberikan air kelapa dengan rasio 4 milimiter per 100 gram berat badan yang dimiliki tikus. Hasilnya, tikus-tikus tersebut menunjukkan jumlah kolesterol jahat yang lebih rendah.

Sudah terbukti bukan, bahwa air kelapa memiliki sejumlah manfaat positif untuk kesehatan termasuk untuk mengatasi insomnia. Namun, hal itu tidak lantas membuat Anda bisa mengonsumsi air kelapa secara berlebihan. Tetaplah mengonsumsi air kelapa dalam takaran yang diperlukan oleh tubuh.

[BA/ RVS]

Air KelapaInsomniaDehidrasi

Konsultasi Dokter Terkait