Sukses

Bebas Stres, Bebas Jerawat

Stres juga merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat yang mengganggu.

Klikdokter.com, Jakarta Jika membicarakan stres, hal yang pertama muncul di pikiran adalah keadaan emosional yang tertekan dan terganggu. Namun, stres sebenarnya juga bisa berasal dari fisik Anda. Tak hanya orang dewasa, remaja yang masih usia sekolah juga rentan terkena stres.

Contoh dari stres emosional yang mungkin dialami remaja adalah kecemasan (misalnya saat menghadapi ujian), tugas-tugas yang menumpuk, menjadi korban bullying, dan masalah dalam relasi dengan teman sebaya.

Sementara itu contoh stres fisik yang mungkin dialami remaja berkaitan dengan kurang tidur, merokok, gaya hidup sedenter, atau pola hidup yang sibuk dan kacau (misalnya banyak kegiatan ekstrakulikuler atau les usai sekolah).

Sebuah studi yang dilakukan di Stanford University menemukan, peningkatan level stres berkaitan dengan tingkat keparahan jerawat. Jika Anda mengalami stres, akan terdapat peningkatan hormon stress dalam tubuh yaitu kortisol.

Stres juga berkaitan dengan jumlah hormon tiroid yang lebih rendah. Selain itu, terjadi peningkatan hormon prolaktin dan luteinizing hormone. Semua hal tersebut berkaitan dengan timbulnya peradangan pada kulit dan jerawat.

Selain penjelasan di atas, ada penjelasan lain yang cukup sederhana berkaitan dengan hubungan stres dan timbulnya jerawat.

Saat mengalami stres, Anda bisa jadi kurang menjaga diri. Contohnya tidak rajin membersihkan atau merawat wajah, kurang tidur, makan sembarangan, dan sebagainya. Perubahan kebiasaan inilah yang juga berkontribusi terhadap munculnya jerawat.

Lalu hal apa saja yang dapat dilakukan jika stres melanda? Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah berolahraga. Olahraga membantu peredaran darah menjadi lancar. Alhasil otak mendapat banyak oksigen, sehingga stres berkurang.

Bergeraklah minimal tiga kali seminggu selama 30 menit atau lebih untuk masing-masing sesi. Cara kedua adalah menenangkan pikiran dengan cara meditasi, latihan pernapasan, bahkan berdoa. Selanjutnya adalah dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Solusi lain untuk membantu menghilangkan jerawat supaya tidak datang lagi, yaitu dengan menggunakan POND’S Acne Solution dengan formula TT-Immunity R* (Thymo T Essence). Kandungan ini dapat membantu memperkuat dan melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat. Hasilnya, masalah jerawat bisa tamat dalam tiga hari dan tak kembali lagi.

Sebagai remaja, berbagai kegiatan sehari-hari dapat menimbulkan stres sehingga menyebabkan jerawat muncul. Di sisi lain, timbulnya jerawat menimbulkan stres tambahan bagi remaja. Dengan menjaga diri supaya bebas dari stres, Anda sekaligus dapat melindungi kulit dari jerawat.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar