Sukses

Rutin Olahraga Ampuh Usir Insomnia?

Kabar yang beredar menyatakan bahwa rutin olahraga dapat membantu Anda terbebas dari insomnia. Baca artikel ini untuk tahu kebenarannya.

Klikdokter.com, Jakarta Gangguan tidur di malam hari alias insomnia yang terjadi terus menerus bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda. Tak jarang, saat mengalami insomnia seseorang memilih untuk menelan obat tidur, atau melakukan hal tak sehat lainnya. Padahal ada cara lain yang dapat membantu Anda terbebas dari insomnia, yaitu dengan rutin olahraga.

Olahraga dan insomnia

Hal tersebut pun telah dibuktikan melalui sejumlah penelitian. Menurut psikolog klinis dari Rush University bernama Kelly Glazer Baron, olahraga telah lama dipercaya dapat membantu memerangi insomnia.

“Ada penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi insomnia,” ucap Baron seperti dikutip dari CNN.com. Dalam penelitian tersebut, seorang wanita yang sudah berusia lanjut dan mengalami insomnia, mengaku pola tidurnya membaik saat dia rutin berolahraga.

Beberapa ahli juga mengamati hubungan antara tingkat aktivitas fisik dan olahraga seseorang dengan kualitas tidurnya di malam hari.

Hasilnya, olahraga memang bisa membantu seseorang lebih mudah tidur dan terhindar dari rasa gelisah pemicu insomnia di malam hari. Hal diamati dan dibuktikan langsung melalui pengukuran di laboratorium klinis yang berfokus pada masalah seputar tidur.

Meski demikian, cara ini memerlukan sedikit kesabaran dan konsistensi dalam menjalaninya. Sebab efek dari berolahraga untuk mengatasi insomnia memang tidak secepat ketika Anda mengonsumsi obat tidur. Namun, olahraga tetaplah pilihan yang terbaik.

“Mengonsumsi pil tidur sangatlah berbahaya. Sama buruknya dengan mengisap sebungkus rokok dalam satu hari. Belum lagi efek samping lainnya,” kata seorang peneliti di Arizona State University Shawn Youngstedt.

Tak hanya insomnia

Para ahli juga menyebutkan bahwa rutin berolahraga tidak hanya menguntungkan bagi orang-orang yang terserang insomnia. Olahraga sangat dianjurkan bagi Anda yang berisiko mengalami sleep apnea, yakni gangguan tidur yang sangat berbahaya.

Sleep apnea dapat menyebabkan nafas Anda berhenti sejenak saat tidur. Dengan rutin berolahraga, Anda dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Orang-orang dengan gangguan sleep apnea biasanya terlihat dari dengkuran yang terdengar tak wajar selama tidur. Hal tersebut dikaitkan dengan penderita yang rata-rata memiliki bobot berlebih.

Rutin olahraga dapat membantu Anda yang menderita sleep apnea untuk menurunkan berat badan, sekaligus menurunkan risiko penyakit lain. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan penderita sleep apnea yang berolahraga dapat mengurangi hingga 25 persen gejala sleep apnea dalam periode 12 minggu.

Kenyataannya, rutin olahraga dapat merangsang kerja otot dan membuat Anda terlalu lelah untuk terjaga sepanjang malam. Itu mengapa olahraga ampuh untuk mengusir insomnia. Meskipun begitu, tetap perhatikan porsi olahraga yang Anda jalani, ya. Karena melakukannya berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar