Sukses

Waspada Jika Protein di Urine Anda Berlebih

Kandungan protein berlebih pada urine menandakan Anda memiliki masalah dengan ginjal.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai salah satu zat yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh, protein ternyata dapat menjadi sinyal berbahaya jika ditemukan pada urine.

Seseorang yang memiliki kandungan protein secara berlebihan di tubuh, dapat dikenali dari urinenya. Kandungan protein berlebih pada urine disebut proteinuria. Kondisi ini sering menjadi penanda bahwa seseorang menderita penyakit ginjal.

Ginjal yang sehat tidak akan membiarkan protein melewati filter mereka. Akan tetapi, filter yang rusak akibat penyakit ginjal, menyebabkan protein keluar bersama urine.

Ibu Hamil dan Anak-Anak

Jika dokter menemukan adanya protein urine pada anak, itu berarti ginjal anak Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya. Bisa karena radang, bengkak, infeksi, atau bahan kimia. Meski tidak menyebabkan rasa sakit, proteinuria dapat membuat pergelangan kaki dan kelopak mata bengkak.

Jika seorang anak menderita proteinuria, kemungkinan dia tidak akan membutuhkan perawatan. Pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Bila protein urine pada anak disebabkan oleh infeksi, proteinuria akan hilang setelah infeksi diobati.

Sementara itu, kelebihan protein urine pada ibu hamil dapat menjadi pertanda adanya infeksi saluran kemih, kerusakan ginjal, atau gangguan lainnya. Protein urine juga bisa menjadi tanda praeklampsia.

Proteinuria cenderung terjadi jika ibu hamil menderita tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, hamil usia tua, memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ginjal, mengonsumsi obat-obatan tertentu, menderita kelainan sistem imunitas, keracunan atau trauma.

Selain itu, seseorang yang menderita kelebihan protein dapat dikenali lewat busa yang ditimbulkan saat urine bercampur di dalam air. Proteinuria pada penderita hipertensi juga dapat membuat seseorang berisiko untuk gagal ginjal. Oleh karena itu, lakukan tes urine rutin sebagai bagian dari medical checkup Anda.

[RS/ RVS]

1 Komentar