Sukses

Beraktivitas Tanpa Sepatu di Ruangan, Baik untuk Kaki Anak

Tahukah Anda bahwa kaki anak bisa lebih sehat tanpa menggunakan sepatu saat beraktivitas di dalam ruangan, termasuk belajar di kelas?

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda orangtua yang membiasakan Si Kecil memakai sepatu di mana pun berada? Jika ya, sebaiknya hentikan. Ini karena anak yang terlalu sering menggunakan sepatu berisiko mengalami gangguan kesehatan pada kaki.

Sebagian besar bayi berkaki datar saat mulai berjalan, namun seiring dengan pertambahan usia dan semakin menguatnya otot dan ligamen kaki yang menahan tulang kaki, maka bentuk kaki Si Kecil akan melengkung ke dalam.

Sebuah penelitian yang melibatkan 2.300 anak usia 4-13 tahun, menunjukkan bahwa pemakaian sepatu pada usia dini dapat menghambat perkembangan lengkung kaki anak. Sebanyak 8,6% anak yang menggunakan sepatu sejak kecil mengalami insiden kaki datar.

Tidak hanya itu. Penelitan lain juga menjelaskan bahwa sepatu yang dipakai terlalu sering oleh anak dapat menyebabkan kelemahan kaki, dan mengurangi daya gerak. Bahkan, analisis terhadap 11 penelitian pada Journal of Foot and Ankle Research menyimpulkan, bahwa pemakaian sepatu bisa mengubah gaya jalan anak secara alami.

Hal itu karena dasar sol yang keras pada sepatu membuat kaki anak tidak mendapatkan rangsangan alami secara langsung. Ruang kaki anak juga menjadi terbatas, sehingga tidak fleksibel saat berjalan. Kejadian ini membuat kemampuan alami jari-jari kaki untuk bergerak berkurang sebanyak 50% pada usia 9 tahun.

Menanggapi hal di atas, para ahli tulang menyarankan agar anak tidak terlalu sering mengenakan sepatu. Hal ini karena sering tanpa sepatu bisa memberikan keuntungan berupa:

  1. membuat otot kaki anak berkembang dan lebih kuat

    Rangsangan alami langsung pada telapak kaki anak yang tidak menggunakan alas kaki, menstimulasi langsung pada otot serta ligamen yang berfungsi untuk menahan tulang menjadi lebih kuat.

  2. Melatih keseimbangan tubuh anak

    Membantu stimulasi alami pada kaki anak, sehingga dapat mengasah fungsi sensoris di area kaki. Hasilnya, anak bisa belajar agar tidak mudah terjatuh dan bisa mempertahankan keseimbangan tubuhnya.

  3. Mencegah infeksi

    Sirkulasi udara di area kaki sangat baik, sehingga kulit kaki anak menjadi mudah bernapas. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya infeksi jamur.

Saat ini memang ada banyak sekolah yang membuat peraturan bagi para murid untuk melepas sepatu ketika masuk ke ruangan kelas. Meski dapat mendatangkan sederet manfaat baik, Anda tetap harus bijaksana dalam menyikapi perlu atau tidaknya anak memakai sepatu. Dengan demikian, kesehatan kaki anak menjadi lebih baik, dan dampak buruknya bisa dihindari.

[NB/ RVS]

1 Komentar