HomeIbu Dan anakKehamilanIngin Cepat Hamil, Penuhi 4 Syarat Ini!
Kehamilan

Ingin Cepat Hamil, Penuhi 4 Syarat Ini!

dr. Fiona Amelia MPH, 11 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar seorang wanita bisa cepat hamil.

Ingin Cepat Hamil, Penuhi 4 Syarat Ini!

Memiliki keturunan merupakan kerinduan dari banyak pasangan suami istri yang telah menikah. Tak jarang, banyak yang ingin segera hamil setelah menikah. Faktanya, sebanyak 85 dari 100 pasangan akan hamil pada tahun pertama pernikahan. Anda pun bisa menjadi salah satunya, asalkan syarat-syarat berikut terpenuhi.

1. Kedua belah pihak tergolong subur

Agar bisa hamil, pria dan wanita harus menghasilkan sel sperma dan sel telur yang sehat. Pria subur memiliki kualitas sperma yang baik. Ini dilihat dari jumlah, bentuk, dan pergerakannya. Kesuburan pria dapat dilihat dari jumlah sel sperma paling sedikit 15 juta/mL dalam satu kali ejakulasi, sperma yang bergerak cepat lurus paling sedikit 40%, dan bentuknya normal, yakni kepala sperma lonjong dengan ekor panjang.Sedangkan wanita subur umumnya memiliki siklus haid yang teratur. Ini menandakan bahwa setiap bulannya wanita mengeluarkan sel telur yang dapat dibuahi oleh sel sperma. Di samping itu, tidak ada sumbatan pada saluran telur (tuba falopi) atau kelainan pada dinding rahim yang membuat embrio sulit berkembang.

2. Berhubungan intim secara teratur tanpa kontrasepsi

Teratur berarti melakukan hubungan intim dua hingga tiga hari sekali sepanjang bulan. Peluang untuk hamil menjadi semakin tinggi bila Anda berhubungan intim setiap hari di masa subur, yang berlangsung selama 6 hari, yaitu 2 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi.

3. Terapkan pola hidup sehat

Baik pria maupun wanita perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, agar dapat menghasilkan sel sperma dan sel telur yang sehat. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, utamakan untuk mengonsumsi makanan sumber asam folat, seng, kalsium, zat besi vitamin A, C, D, E, dan asam lemak omega-3. Batasi makanan yang tinggi kadar gula dan lemak jenuh, serta hindari konsumsi alkohol, rokok, dan obat-obat terlarang. Usahakan pula untuk berolahraga secara rutin, paling sedikit 3 kali per 30 menit dalam seminggu.

4. Kelola stres

Stres dapat membuat haid wanita menjadi tidak teratur, sehingga menyulitkan perhitungan masa subur. Sedangkan pada pria, stres akan menurunkan kualitas sperma. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, atasi hal tersebut dengan meluangkan waktu untuk berlibur bersama pasangan, atau melakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi dan yoga.Terkadang, keinginan yang terlalu menggebu-gebu untuk memiliki anak membuat pasangan suami istri justru kesulitan untuk hamil. Pikiran-pikiran ini secara tidak sadar membuat keduanya mengalami stres. Akibatnya, hormon-hormon menjadi tidak seimbang dan menghambat ovulasi maupun produksi sperma.

Oleh sebab itu, berusahalah untuk tetap relaks, selalu berpikir positif, dan berdoa. Karena sesungguhnya, cepat hamil dan melahirkan anak yang sehat adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

WanitaCepat HamilSyarat Cepat Hamil

Konsultasi Dokter Terkait