Sukses

Nyeri Otot Terjadi karena Kolesterol Naik, Mitos atau Fakta?

Nyeri otot sering dianggap sebagai tanda kolesterol naik. Baca lebih lanjut fakta medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol memiliki peran penting dalam tubuh. Namun bila kadarnya berlebihan, ia dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Tak hanya itu, banyak yang mengatakan kolesterol tinggi dapat sebabkan nyeri otot.

Ketahuilah bahwa ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu high-density lipoprotein (kolesterol ‘baik’) dan low-density lipoprotein (kolesterol ‘jahat’).

Kolesterol ‘baik’ berfungsi membawa kolesterol ‘jahat’ kembali ke hati untuk dihancurkan. Sementara itu, kolesterol ‘jahat’ akan cenderung menumpuk di pembuluh darah dan menimbulkan berbagai penyakit.

Kolesterol tinggi umumnya tak menimbulkan gejala khas tertentu. Biasanya diketahui saat penderitanya mengalami penyakit akibat kolesterol tersebut, seperti saat serangan jantung atau stroke. Lantas, bagaimana dengan nyeri otot?

Belum diketahui secara pasti hubungan antara nyeri otot dan kolesterol tinggi. Namun, diduga tumpukan kolesterol tak hanya terdapat pada pembuluh darah tetapi juga di otot.

Penumpukan tersebut menyebabkan reaksi peradangan yang kemudian mengakibatkan perubahan struktur otot dan tendon. Hal inilah yang pada akhirnya memicu nyeri otot.

Hal tersebut telah ditelaah oleh beberapa peneliti dan dimuat dalam British Journal of Sports Medicine. Studi tersebut menunjukkan, kerusakan otot dan tendon lebih banyak terjadi pada orang dengan kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang normal kadar kolesterolnya.

Penderita kolesterol tinggi pun lebih rentan mengalami cedera otot. Kondisi lainnya yang memperberat nyeri otot adalah obesitas, yang biasanya juga dialami oleh orang dengan kolesterol tinggi.

Meski demikian, nyeri otot tak selalu disebabkan oleh kolesterol tinggi. Ada banyak penyebab nyeri otot, seperti aktivitas fisik yang berlebihan, cedera, posisi dan postur tubuh yang salah.

Cara pasti untuk mengetahui kadar kolesterol adalah melalui pemeriksaan laboratorium. Karena itu, bila Anda sering mengalami nyeri otot tanpa sebab yang jelas, tak ada salahnya untuk memeriksakan kadar kolesterol.

Nyeri otot memang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi, tetapi tak perlu buru-buru panik bila Anda sering mengalaminya. Tetap lakukan pola hidup sehat, dan bila perlu periksakan kadar kolesterol Anda.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar