Sukses

Menikmati Minuman Ringan Tanpa Takut Gigi Ngilu

Cara ini akan membantu Anda yang menyukai minuman ringan agar tidak perlu khawatir akan kejadian gigi ngilu yang mengintai.

Klikdokter.com, Jakarta Tingkat konsumsi minuman ringan di Indonesia cukup tinggi. Meski berbahaya, minuman ini masih sangat digemari, bahkan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Dikatakan berbahaya karena minuman ringan, seperti minuman bersoda ataupun jus dalam kemasan, merupakan minuman yang paling berpotensi merusak gigi.

Alasan pertama adalah karena minuman ringan memiliki pH yang rendah. Sehingga, saat Anda mengonsumsi minuman ini, suasana rongga mulut menjadi sangat asam dan mempermudah terjadinya erosi permukaan gigi dan memicu timbulnya gigi ngilu.

Alasan kedua, minuman ringan biasanya sangat tinggi kandungan gula, yaitu sukrosa atau fruktosa. Ini merupakan karbohidrat sederhana, yang kemudian akan diproses oleh bakteri dalam rongga mulut, dan menghasilkan asam yang juga berujung pada kondisi gigi ngilu.
Nikmat Tanpa Gigi Ngilu

Suatu studi yang dilakukan oleh peneliti dari India mencoba menyelidiki adakah cara untuk menikmati minuman ringan tanpa takut gigi ngilu. Penelitian ini mengikutsertakan 18 orang, yang dibagi secara acak ke dalam tiga kelompok.

Kelompok pertama minum menggunakan gelas plastik, kelompok kedua minum menggunakan sedotan yang diposisikan jauh di sekitar gigi geraham, dan kelompok ketiga minum langsung dari botolnya.

Hasil dari penelitian itu menyebutkan bahwa minum minuman ringan menggunakan sedotan mengalami penurunan keasaman yang paling sedikit. Ini karena dengan menggunakan sedotan, minuman akan ditelan lebih cepat, sehingga mengurangi waktu kontak antara minuman dan gigi.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara menikmati minuman ringan tanpa takut gigi ngilu, bukan? Cara tersebut dapat lebih efektif jika Anda juga menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi ngilu.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar