Sukses

Waktu Olahraga Terbaik untuk Meningkatkan Ingatan

Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan ingatan? Cek waktu yang tepat untuk berolahraga!

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa olahraga dapat membantu otak agar tetap tajam? Menurut sebuah studi, berolahraga selama lima menit usai belajar dapat meningkatkan ingatan seseorang.

Studi yang diterbitkan di jurnal Cognitive Research: Principles and Implications tersebut, merupakan hasil riset para ahli dari University of New South Wales, Australia. Mereka melakukan percobaan kepada lebih dari 250 orang. Dari eksperimen itu, para periset menemukan pola yang menarik.

Wanita yang melakukan olahraga ringan memiliki ingatan yang lebih tinggi daripada wanita yang tidak berolahraga. Sedangkan, aktivitas yang sama tidak berlaku untuk pria.

Tidak jelas apakah itu dikarenakan perbedaan jenis kelamin. Atau apakah ada sesuatu dari kondisi percobaan yang memungkinkan efek tersebut lebih muncul pada wanita, dan bukan laki-laki.

Periset di Radboud University dan University of Edinburgh juga telah mengeksplorasi hubungan antara belajar dan olahraga. Penelitian tersebut melibatkan 72 pria dan wanita yang menghabiskan waktu selama 40 menit untuk menjalani tes standar pembelajaran visual dan spasial.

Dua hari kemudian, semua peserta kembali ke laboratorium dan mengulangi tes yang sama sambil dipindai otaknya dengan MRI.

Hasilnya, para peserta yang melakukan olahraga empat jam usai menjalani tes, ternyata dapat mengenali kembali lokasi gambar dengan tepat. Aktivitas otak mereka juga sedikit berbeda karena menunjukkan pola aktivitas saraf yang lebih konsisten.

Penelitian lebih lanjut mengenai olahraga usai aktivitas belajar dapat meningkatkan ingatan, memang tetap diperlukan. Namun, jangan sampai membuat Anda menunggu untuk rutin melakukan olahraga.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar