Sukses

Inilah Manfaat Olahraga Saat Haid

Banyak wanita menghindari olahraga selama masa menstruasi alias haid. Ternyata, ada banyak manfaat olahraga saat haid yang bisa dilakukan

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar wanita enggan melakukan olahraga saat haid karena menganggap aktivitas fisik yang tinggi dapat memicu nyeri haid. Padahal, hal tersebut adalah pandangan yang salah.

Mengutip Women’s Health, seorang ahli olahraga dari Snap Inc. bernama Greg Justice menyebut bahwa olahraga selama haid justru dapat membuat Anda merasa nyaman. Sebab, berolahraga dapat mengurangi rasa nyeri, perasaan cemas, hingga sakit kepala. Selain itu, berolahraga saat haid juga memiliki manfaat seperti:

  1. Mencegah kram perut

    Melakukan olahraga selama haid dapat menghindarkan Anda dari kram perut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tengah haid cenderung merasa lebih baik saat bergerak.

    Stacy Sims, PhD, seorang ahli fisiologi olahraga, seperti dikutip dari health.com, mengatakan bahwa, semakin aktif tubuh bergerak, akan semakin baik. Keteraturan ini akan membantu Anda melewati masa haid dengan baik, termasuk mengurangi kram perut.

    Sims juga menjelaskan, dengan berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood. Hal ini dapat membantu pikiran Anda teralihkan dari rasa tak nyaman atau nyeri yang mengganggu.

    Studi terbaru pun menunjukkan bahwa rutin berolahraga dalam jangka panjang dapat membuat tubuh Anda lebih bugar dan lebih sedikit mengalami gejala PMS (premenstrual syndrome) setiap bulannya.

  2. Menyeimbangkan suhu tubuh

    Selama masa haid, tubuh Anda mengalami penurunan suhu dari biasanya. Hal itu berkaitan dengan fase penurunan kadar hormon selama Anda haid. Berolahraga bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjaga suhu tubuh Anda tetap seimbang.

    Menurut Sims, tetap berolahraga selama masa haid dapat membantu tubuh menyimpan panas lebih lama. Sehingga, Anda tidak akan mengalami penurunan suhu mendadak dan menyebabkan tubuh semakin terasa lemas selama haid.

  3. Membuat haid lebih lancar

    Tak dapat dibantah bahwa melakukan sejumlah aktivitas fisik, seperti berolahraga, secara rutin dapat melancarkan aliran darah. Hal itu juga berlaku selama Anda haid.

    Studi menunjukkan bahwa berolahraga secukupnya selama haid dapat mengurangi masalah sirkulasi darah, seperti kemacetan di sekitar panggul. Berolahraga dan berkeringat benar-benar dapat meredakan nyeri dan membuat Anda merasa lebih tenang.

Meskipun begitu, tentu saja Anda harus memperhatikan jenis-jenis olahraga yang dijalani selama haid. Jangan memaksakan diri. Istirahatlah sejenak jika memang benar-benar lemas. Lakukan olahraga saat haid yang cenderung ringan, seperti berjalan kaki atau lari yang tidak terlalu banyak melibatkan otot, namun tetap menyehatkan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar