Sukses

Inilah Manfaat Olahraga Saat Haid

Tak sedikit wanita yang menghindari olahraga ketika sedang haid. Padahal, ada banyak manfaat olahraga saat haid.

Sebagian besar wanita enggan melakukan olahraga saat haid, karena menganggap aktivitas fisik yang tinggi dapat memicu nyeri haid. Padahal, hal tersebut adalah pandangan yang salah dan ditemukan bukti banyaknya manfaat olahraga saat haid.

Ya, olahraga saat haid justru bisa membuat Anda merasa lebih nyaman. Sebab, olahraga saat haid dapat mengurangi rasa nyeri, perasaan cemas, hingga sakit kepala. Berikut manfaat olahraga saat haid yang lainnya: 

1. Mencegah dan Mengurangi Kram Perut

Melakukan olahraga selama haid dapat menghindarkan Anda dari kram perut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tengah haid cenderung merasa lebih baik saat bergerak.

Seorang ahli menyebutkan bahwa semakin aktif tubuh bergerak, akan semakin baik. Keteraturan ini akan membantu Anda melewati masa haid dengan baik, termasuk mengurangi kram perut.

Selain itu, dengan berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood. Hal ini dapat membantu pikiran Anda teralihkan dari rasa tak nyaman atau nyeri yang mengganggu.

Artikel Lainnya: Alasan Wanita Lebih Banyak Kentut saat Menstruasi

1 dari 4 halaman

2. Meminimalkan Gejala PMS

Studi terbaru pun menunjukkan bahwa rutin berolahraga dalam jangka panjang, termasuk olahraga saat menstruasi, dapat membuat tubuh Anda lebih bugar dan lebih sedikit mengalami gejala PMS (premenstrual syndrome) setiap bulannya. 

Gejala ini umumnya muncul beberapa minggu sebelum haid. Beberapa contoh gejala PMS yang umum dirasakan adalah merasa lelah, perubahan mood, perut kembung, sakit perut, kesulitan tidur, dan lain-lain.

3. Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Selama masa haid, tubuh Anda mengalami penurunan suhu dari biasanya. Hal itu berkaitan dengan fase penurunan kadar hormon selama Anda haid. Manfaat olahraga saat haid bisa menjaga suhu tubuh Anda tetap seimbang.Menurut penelitian, tetap berolahraga selama masa haid dapat membantu tubuh menyimpan panas lebih lama. Sehingga, Anda tidak akan mengalami penurunan suhu mendadak dan menyebabkan tubuh semakin terasa lemas selama haid.

Artikel Lainnya: Redakan Nyeri Menstruasi dengan Minum Susu

2 dari 4 halaman

4. Menambah Semangat

Saat haid, banyak wanita merasa tidak bersemangat untuk beraktivitas serta kelelahan. Penurunan energi ini umumnya dirasakan seminggu sebelum haid, dan mencapai puncaknya pada hari pertama menstruasi.

Hal ini disebabkan perubahan hormonal, yaitu kadar hormon estrogen dan progesteron yang rendah. Pengaruh olahraga saat menstruasi sangat dirasakan. Umumnya, para wanita yang melakukannya akan merasa lebih bersemangat dan bertenaga, serta tidak mudah lelah.

5. Memperbaiki Mood

Perubahan mood saat sedang haid sudah menjadi rahasia umum. Bahkan, pasangan Anda kemungkinan sudah sangat maklum apabila Anda menjadi moody saat tamu bulanan datang. Namun, hal ini tidak perlu dirasakan setiap bulan.

Manfaat olahraga saat haid adalah memperbaiki perasaan sedih dan mudah marah. Bahkan, secara umum olahraga juga dapat membantu mengurangi perasaan depresi

Selain perbaikan mood akibat dilepaskannya hormon endorfin saat olahraga,  keluhan haid yang menyebalkan (kram, nyeri kepala, nyeri punggung) juga berkurang karena olahraga.

Artikel Lainnya: Pria Juga Bisa PMS seperti Wanita, Kenali Gejalanya

3 dari 4 halaman

6. Membuat Haid Lebih Lancar

Tak dapat dibantah bahwa melakukan sejumlah aktivitas fisik, seperti berolahraga, secara rutin dapat melancarkan aliran darah. Hal itu juga berlaku selama Anda haid.Studi menunjukkan bahwa berolahraga secukupnya selama haid dapat mengurangi masalah sirkulasi darah, seperti kemacetan di sekitar panggul. Manfaat olahraga saat haid akan membuat Anda berkeringat, sehingga hal ini dapat meredakan nyeri dan membuat Anda merasa lebih tenang.

Meskipun begitu, tentu saja Anda harus memperhatikan jenis olahraga yang dijalani selama haid. Jangan memaksakan diri. Istirahatlah sejenak jika memang benar-benar lemas. Lakukan olahraga yang cenderung ringan, seperti berjalan kaki atau lari yang tidak terlalu banyak melibatkan otot, namun tetap menyehatkan.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan dokter terkait olahraga saat menstruasi atau masalah kesehatan lain, bisa melalui Live Chat 24 Jam di KlikDokter. 

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar