Sukses

Si Kecil yang Diberi ASI, Akan Menyukai Sayuran?

ASI memang sangat bermanfaat bagi si Kecil. Tapi benarkah ibu menyusui yang gemar sayuran juga akan bisa membuat anaknya menyukai sayur.

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah studi yang dilakukan oleh Monell Chemical Senses Center di Philadelphia menyimpulkan, bahwa ibu hamil yang gemar makan sayuran, kelak bisa membuat anaknya menyukai sayuran. Hal ini bisa terjadi karena saat proses menyusui, si Kecil dihadapkan pada rasa sayuran melalui air susu ibu (ASI).

Menurut Julie Mennella seorang biopsychologist di Monell Chemical Senses Center, seperti dikutip dari independent.co.uk, setiap pengalaman indrawi bayi adalah unik. Hal ini terjadi karena rasa makanan pertama mereka sejak dalam kandungan, bergantung pada apa yang dikonsumsi oleh ibu.

Riset ini dilakukan terhadap 97 wanita yang minum jus wortel atau seledri. Dari sinilah kemudian periset melacak kebiasaan makan anak-anak mereka saat dewasa.

Para wanita dibagi menjadi lima kelompok. Tiga kelompok minum setengah cangkir jus sebelum menyusui, selama sebulan. Kelompok satu mulai meminum jus sayuran saat bayi mereka berusia 2 minggu. Kelompok dua minum jus ketika bayi mereka berusia 6 minggu dan kelompok tiga saat si kecil berumur 10 minggu.

Sementara kelompok empat, sang ibu minum jus selama tiga bulan (dimulai saat bayi mereka berusia 2 minggu). Sedangkan kelompok kelima merupakan kelompok yang tidak minum jus sama sekali.

Periset menemukan bahwa ketika sang ibu minum jus sayuran, kelak si kecil akan menyukai sereal polos, sereal rasa wortel atau sereal rasa brokoli. Selain itu, ketika ibu hamil gemar mengonsumsi sayuran, ternyata berpengaruh pada seberapa cepat si Kecil mau mengonsumsi sayuran.

Antioksidan yang ditemukan di banyak sayuran dipercaya dapat membantu melindungi sel tubuh si kecil, dari kerusakan yang disebabkan oleh senyawa berbahaya di lingkungannya. Menjadikan sayuran sebagai bagian dari diet kehamilan yang seimbang juga dapat melindunginya dari gejala alergi di kemudian hari.

Nah, memang terbukti bukan, bahwa memberikan ASI kepada si Kecil dapat memberikan segudang manfaat. Selain memperkuat daya tahan tubuh, dan mengindarkan si Kecil dari alergi, juga bisa membuatnya lebih menyukai sayuran.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar