Tips Parenting

Tanda-Tanda Anak Anda Kecanduan Gadget

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 04 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kecanduan gadget memang bukan hal yang baik. Namun faktanya, banyak anak yang sudah mengalami ketergantungan dengan gadget. Berikut tanda-tandanya.

Tanda-Tanda Anak Anda Kecanduan Gadget

Belum banyak orang tua yang tahu apa saja tanda anak kecanduan gadget. Nyatanya, data statistik menunjukkan bahwa 1 dari 3 anak memiliki kebiasaan menggunakan gadget sebelum ia mampu berbicara. Padahal, kecanduan gadget pada anak dapat menimbulkan dampak buruk, salah satunya terkait perkembangan otak. 

Perkembangan otak anak di 5 tahun pertama kehidupannya akan optimal bila ia mendapat stimulasi bicara, visual, motorik kasar, dan motorik halus. Bila anak mengalami kecanduan gadget, keempat stimulasi tersebut tidak bisa didapatkan dengan cukup.

Selain itu, kecanduan gadget juga menyebabkan anak cenderung tidak banyak bergerak. Hal ini membuatnya berpotensi mengalami obesitas. Anak yang mengalami obesitas lebih rentan terkena diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke saat sudah dewasa.

Tak hanya sampai di situ. Studi menemukan bahwa anak yang kecanduan gadget cenderung memiliki perilaku agresif, lebih mudah marah dan melakukan tindak kekerasan. Bila masih balita, perilaku agresif ditunjukkan dengan mudah tantrum pada hal-hal sepele.

Karena dampaknya sangat serius, orang tua perlu mengenali tanda-tanda anak kecanduan gadget berikut ini: 

1. Menggunakan Gadget di Setiap Waktu Luang

Apakah anak selalu terpaku pada gadget saat sedang senggang, bahkan jika hanya sebentar? Misalnya saat menunggu makanan datang, saat sedang mengantre, atau saat sedang dalam perjalanan? Ini adalah tanda anak kecanduan gadget yang paling mudah dikenali.

2. Terlihat Gelisah Bila Tidak Sedang Menggunakan Gadget

Saat sudah kecanduan gadget, anak cenderung agresif. Apakah anak Anda terlihat gelisah saat tidak ada kegiatan dan tidak ada gadget dalam genggaman? Pada banyak kasus, anak bahkan marah hingga tantrum saat ‘kehilangan’ gadget dari genggamannya.

3. Tidak Tertarik dengan Aktivitas Lain, Selain Bermain dengan Gadget

Salah satu ciri-ciri anak kecanduan gadget adalah menolak melakukan aktivitas lain yang mengharuskannya melepas gadgetnya. 

Anak biasanya jadi malas bermain dengan teman atau saudaranya. Bahkan, tak jarang jadi sulit diminta untuk mengerjakan aktivitas rutin seperti makan atau mandi saat sedang asyik bermain gadget.

4. Enggan Bepergian ke Luar Rumah

Sering kali, pola pikir yang tertanam pada anak yang sudah kecanduan gadget adalah bepergian berarti harus lepas dengan gadgetnya.

Oleh karena itu, salah satu tanda anak kecanduan gadget adalah enggan meninggalkan rumah, bahkan lebih banyak menghabiskan waktu menyendiri bersama gadgetnya di dalam kamar.

Artikel Lainnya: Buta Warna karena Kelamaan Main Gadget, Kok Bisa?

5. Mengalami Kesulitan untuk Tidur di Malam Hari

Paparan blue light dari gadget telah banyak diteliti memiliki dampak terhadap kualitas dan kuantitas tidur seseorang. Saat anak kecanduan gadget, tak jarang ia memiliki kesulitan untuk tidur, terutama jika sudah terbiasa bermain gadget sesaat sebelum tidur.

6. Melanggar Batas Waktu Menggunakan Gadget yang Diperbolehkan oleh Orang Tua

Lebih parah, anak yang kecanduan gadget sering kali mencuri-curi waktu agar bisa bermain dengan gadgetnya lebih lama. Meski orang tua berusaha membatasi screen time-nya, tak jarang anak menawar bahkan marah jika diminta untuk berhenti memainkan gadgetnya.

7. Menggunakan Gadget Secara Sembunyi-Sembunyi

Serupa dengan poin sebelumnya, rasa kecanduan gadget pada anak dapat membuatnya melakukan perbuatan yang tidak jujur. Misal, sembunyi-sembunyi bahkan berbohong hanya agar bisa bermain dengan gadget sedikit lebih lama.

8. Tidak Mampu Konsentrasi dengan Baik di Sekolah

Jika sudah berlangsung cukup lama, tanda anak kecanduan gadget yang sering kali luput dari perhatian orang tua adalah anak jadi sulit berkonsentrasi dengan baik di sekolah. Hal ini bisa ditandai dengan prestasi menurun atau laporan dari guru yang mengajar.

Apabila anak Anda melakukan 2 dari 8 hal di atas, kemungkinan besar ia sudah mengalami kecanduan gadget. Jadi, Anda harus berdiskusi untuk menentukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Jika tak dapat menyelesaikannya sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Dapatkan informasi dan artikel kesehatan menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter.

[FY]

KecanduanGadget

Konsultasi Dokter Terkait